Direktur Jenderal Kerja Sama ASEAN Kementerian Luar Negeri, Jose Tavares. Foto: Medcom.id/Marcheilla Ariesta
Direktur Jenderal Kerja Sama ASEAN Kementerian Luar Negeri, Jose Tavares. Foto: Medcom.id/Marcheilla Ariesta

Perundingan Kode Etik Laut China Selatan Diakui Sulit

Internasional ktt asean laut china selatan
Marcheilla Ariesta • 30 Oktober 2019 16:09
Jakarta: Direktur Jenderal Kerja Sama ASEAN Kementerian Luar Negeri, Jose Tavares, mengatakan perundingan Code of Conduct (CoC) Laut China Selatan tahap pertama sudah selesai. Saat ini, perundingan tahap kedua tengah dilaksanakan di Dalat, Vietnam.
 
"Sekarang fokus kita pada substansi kode kata perilaku yang mengatur Laut China Selatan agar dapat menghasilkan suatu yang substantif, efektif, dan actionable on the ground (langsung dilakukan di lapangan),” kata Jose di Jakarta, Rabu, 30 Oktober 2019.
 
Dia mengakui bahwa tahap ini yang paling sulit dibandingkan perundingan pertama. Namun Jose enggan menjelaskan kesulitannya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Jadi kita harapkan tahap ini tentu berat, tapi sama-sama kompromi dan komitmen kita lakukan bersama," imbuhnya.
 
Jose menjelaskan perundingan CoC untuk Laut China Selatan ini perlu dilakukan agar adanya perdamaian dan stabilitas di kawasan. Pasalnya, wilayah ini tumpang tindih dan diklaim oleh beberapa negara, yang paling banyak dari kawasan Asia Tenggara, seperti Malaysia, Brunei Darussalam, Filipina, dan Vietnam.
 
Perundingan CoC dimulai sejak 2016. Dan single draft-nya keluar tahun lalu, di Singapura.Pembahasan CoC ini diharapkan rampung dalam tiga tahun.
 
"Bahwa tiga tahun selesai itu adalah goals (tujuan) yang kita sambut. Kita tidak compromise hasil mengenai substansi yang dihasilkan. Jadi fokusnya tetap pada kualitas dari substansi itu sendiri," terangnya.
 
"Yang kita capai mudah-mudahan sebagaimana aspirational goals tadi itu," pungkas Jose.
 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif