Wakil Presiden China Institute of International Studies, Dr Ruan Zongze (kanan). (Foto: Fajar Nugraha).
Wakil Presiden China Institute of International Studies, Dr Ruan Zongze (kanan). (Foto: Fajar Nugraha).

Tiongkok Tidak Menganggap RCEP sebagai Ancaman

Internasional tiongkok asean-tiongkok RCEP
Fajar Nugraha • 24 Juni 2019 22:51
Jakarta: Regional Comprehensive Economic Partnership (RCEP) menjadi wadah penting bagi Association of Southeast Asian Nation (ASEAN), untuk terlibat lebih luas dalam perdagangan bebas.
 
Tetapi hingga saat ini pembahasan dari 10 negara anggota ASEAN dan enam dari Asia Pasifik seperti, TIongkok, India Australia, Selandia baru, jepang dan Korea Selatan. Wakil Presiden China Institute of International Studies, Dr Ruan Zongze melihat RCEP bukan ancaman bagi Tiongkok.
 
“RCEP bukan ancaman sama sekali. Bahkan, ini menjadi sebuah kesempatan untuk Tiongkok dan ASEAN secara keseluruhan,” ujar Ruan Zongze, kepada para wartawan di Jakarta, Selasa, 24 Juni 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Tetapi menurut Dr.Ruan, yang menjadi tantangan bagi kerja sama antar kawasan adalah unilateralisme. Sementara RCEP pada dasarnya berdasarkan pada multilateralisme. Bagu Ruang, RCEP dan Tiongkok perlu bersatu dan mengkonvergensi kepentingan bersama.
 
Apa yang menjadi kepentingan bersama itu? ini berarti integrasi kawasan di bagian bumi ini. Namun Kalian terus mengatakan, bahwa sudah memiliki organisasi kawasan, meskipun hal itu tidak cukup.
 
RCEP ini sangat unik. Anggotanya bukan hanya 10 negara ASEAN tetapi juga disertai dengan enam negara pemain ekonomi besar di kawasan Asia.
 
“Jadi sudah jelas RCEP sangat penting. Saya berpendapat bahwa kita (RCEP dan Tiongkok) harus bekerja lebih berat. Tapi saya sedikit frustasi dengan negosiasi yang tak kunjung rampung mengenai RCEP dari negara pesertanya,” ungkapnya.
 
“Saya yakin negosiasi ini bisa dirampungkan. Saya juga mengetahui pada KTT ASEAN, negara anggota memberikan komitmen bahwa mereka akan merampungkan pembicaraan dan negosiasi (RCEP) kemungkinan hingga akhir tahun ini. Jika terwujud, itu akan menjadi berita bagus bagi kami,” imbuhnya.
 
Lebih lanjut, RCEP dinilai oleh Ruan sangat baik untuk partisipannya dari seluruh kawasan. Hal itu bisa membuat ASEAN jauh lebih kompetitif dalam hal ekonomi dan lebih kuat melawan ketidakpastion dalam kawasan.
 
RCEP di mata Ruan dianggap sebagai sebuah visi terbaik. Kita perlu bekerja bersama. Menurutnya Pemerintah Tiongkok berkomitmen penuh (untuk RCEP). Tentunya ada rintangan yang harus kita atasi bersama. Tiongkok mendukung secara penuh dan tentunya Indonesia.
 
Kami memainkan peran penting membentuk masa depan dari seluruh organisasi kolaborasi antara kawasan dan sub kawasan. Jadi RCEP adalah masa depan Tiongkok dan ASEAN bersama.
 
RCEP pengaruhi unilateralisme
 
Sudah tentu pasti. RCEP adalah contoh bagus bagaimana sebuah partisipasi dalam wadah (yang beranggotakan 16 negara) berkomitmen kepada multilateralisme.
 
Seperti yang saya katakan, ASEAN seperti Indonesia dan Tiongkok, kita harus bekerja sama dalam bentuk multilateralisme. Jika tidak. Tidak akan ada masa depan. ASEAN sendiri dibangun atas pendekatan multilateralisme.
 
“Sekarang saya berikan contoh. Amerika Serikat tidak memiliki kerja sama kawasan. Mereka ingin selalu menarik diri dari mekanisme multilateralisme. AS menarik diri dari UNESCO, menarik diri dari TPP serta berbagai lembaga lainnya,” tegas Dr Ruan.
 
“Ini adalah waktu yang penting, dimana RCEP membantu dunia dan kami mendukung multi, karena ini merupakan bentuk dukungan terhadap kepentingan Asia. Kita semua memiliki bagian besar dalam prinsip ini,” tuturnya.
 
Uni Eropa menjadi salah satu organisasi yang mengkhawatirkan unilateralisme AS, mereka. Mereka juga keinginan keras. Tetapi sekarang waktunya negara yang berada dalam RCEP untuk memperlihatkan bahwa multilateralisme harus menjadi masa depan dan bersama semua bisa mewujudkannya masa depan dengan membangun RCEP yang lebih kuat.
 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif