Mendorong Peningkatan Turis Thailand ke Indonesia Melalui JCM
Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Arrmanatha Nasir di lokasi penyelenggaraan JCM ke-9 di Hotel Tentrem, Yogyakarta, Kamis 5 Juli 2018. (Foto: Willy Haryono).
Yogyakarta: Warga negara Indonesia (WNI) yang sebagian besar adalah Muslim memandang Mekkah sebagai kota di Arab Saudi yang wajib dikunjungi. Alasannya jelas, karena di sana terdapat Kakbah yang merupakan bangunan suci dalam agama Islam.
 
Baca juga: JCM Kesempatan Tingkatkan Kerja Sama Investasi RI-Thailand.
 
Bagi warga Thailand yang lebih dari 90 persennya adalah pemeluk Buddha, situs wajib dikunjungi itu adalah Candi Borobudur -- salah satu tujuh keajaiban dunia. Kota ini terletak di Magelang, yang berjarak sekitar 40 kilometer dari Yogyakarta.
 
Atas alasan itu, Yogyakarta dipilih sebagai tempat penyelenggaraan Joint Commission Meeting (JCM) ke-9 antara Indonesia dengan Thailand
 
"Mereka ingin melihat Borobudur dan beberapa situs Buddha lainnya. Kita berharap nantinya turis Thailand semakin banyak yang berkunjung ke sini," tutur Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Arrmanatha Nasir di lokasi penyelenggaraan JCM ke-9 di Hotel Tentrem, Yogyakarta, Kamis 5 Juli 2018.
 
Untuk lebih meningkatkan jumlah turis Thailand, Arrmanatha menilai Indonesia, terutama Yogyakarta, perlu memperlihatkan situasi kota yang aman dan tentram. Yogyakarta perlu ditampilkan sebagai salah satu destinasi utama bagi mereka yang ingin berwisata sejarah dan budaya.
 
Baca juga: Pertemuan JCM dan Membuka Ketertarikan Thailand di Yogyakarta.
 
"Di Yogyakarta kan tidak ada konflik berarti. Kehidupan beragama berjalan harmonis, kita ingin tunjukkan itu," sebut Arrmanatha.
 
Jumlah turis Thailand yang berkunjung ke Yogyakarta pada 2016 berjumlah 98 ribu. Sementara satu tahun setelahnya, jumlahnya meningkat ke angka 106 ribu.
 
Tidak hanya turis, mahasiswa asal Thailand juga memilih Yogyakarta sebagai tempat ideal untuk belajar. Jumlah pelajar Thailand di Indonesia pada 2016 mencapai 1.200. Sedangkan mahasiswa Indonesia di Thailand di tahun yang sama berkisar 1.000-an.



(FJR)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id