Presiden IDN Global 2017-2019 Mark Gerald Eman, di Gedung Sapta Pesona, Jakarta, 13 Agustus 2019. Foto: Medcom.id/Sonya Michaella.
Presiden IDN Global 2017-2019 Mark Gerald Eman, di Gedung Sapta Pesona, Jakarta, 13 Agustus 2019. Foto: Medcom.id/Sonya Michaella.

Diaspora Siap Bantu Pemerintah Dongkrak Promosi Wisata

Internasional diaspora indonesia berita kemenaker
Sonya Michaella • 13 Agustus 2019 10:55
Jakarta: Indonesian Diaspora Network-Global (IDN-Global) berkomitmen dan siap membantu pemerintah untuk mempromosikan pariwisata Indonesia di kancah mancanegara. Diaspora juga mendukung penuh promosi 10 New Bali.
 
“Kami ingin sinergi antara diaspora, pemerintah dan pihak-pihak terkait terus diperkuat dengan kerja sama terutama untuk mempromosikan pariwisata Indonesia di turis asing,” kata Presiden IDN Global 2017-2019 Mark Gerald Eman, di Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Selasa 13 Agustus 2019.
 
Namun, Diaspora juga berharap dan meminta agar pemerintah juga percaya bahwa apa yang dilakukan Diaspora ini semata-mata untuk mendongkrak citra pariwisata Indonesia di kancah internasional.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Pemerintah harus percaya kepada Diaspora bahwa kita akan sekuat tenaga untuk membantu promosi pariwisata Indonesia yang tak kalah indah dari negara lain,” tutur dia.
 
Eman menambahkan, setiap Diaspora di negara tempat tinggalnya juga kerap mengadakan acara-acara berbau Indonesia, yang tentu juga didukung oleh KBRI atau KJRI setempat sebagai perwakilan dari pemerintah.
 
“Biasanya kami mengadakan acara yang mempromosikan makanan dan budaya Indonesia. Dari situ, pengunjung akan bertanya ‘ini dari mana?’, baru lah kita menjelaskan dan mempromosikan Indonesia secara keseluruhan,” ucap dia lagi.
 
Eman berharap, setiap acara yang digelar oleh Diaspora hendaknya bisa mendapat dukungan dari Kementerian Pariwisata di mana sebagai pihak yang langsung berkaitan dengan promosi wisata Indonesia.
 
“Sinergi dua belah pihak soal distribusi pemerataan dan masuknya turis asing itu memberikan pengaruh besar terhadap daerah lokal tersebut sehingga ekonominya bisa terangkat,” ungkapnya.
 
Pada 10 Agustus lalu, telah diselenggarakan pula Congress of Indonesian Diaspora (CID) ke-5 yang mempertemukan para Diaspora Indonesia di seluruh dunia, yang juga semakin terhubung dengan Tanah Air.
 
IDN-Global menjadi pintu kolaborasi untuk mendukung kemajuan Indonesia dari berbagai sektor. IDN-Global percaya, melalui visi Connecting The Dots and Expanding The Opportunities, Diaspora akan menjadi aset potensial untuk pembangunan Indonesia, khususnya di bidang Sumber Daya Manusia.
 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif