Pemimpin Korut Kim Jong-un. (Foto: KCNA)
Pemimpin Korut Kim Jong-un. (Foto: KCNA)

Korut Klaim Lakukan Tes Krusial di Situs Satelit

Internasional korea utara Amerika Serikat-Korea Utara
Willy Haryono • 14 Desember 2019 14:50
Pyongyang: Korea Utara mengklaim telah melakukan "tes krusial" di sebuah situs peluncuran satelit untuk meningkatkan pertahanan negara. Seorang juru bicara Pemerintah Korut mengatakan kepada Korean Central News Agency (KCNA) bahwa uji coba itu dilakukan pada Jumat 13 Desember di Situs Peluncuran Satelit Sohae.
 
Dikutip dari BBC, Minggu 14 Desember 2019, ini merupakan uji coba kedua di situs Sohae dalam kurun waktu kurang dari sepekan. Dua tes ini berlangsung di tengah masih mandeknya dialog nuklir antara Amerika Serikat dan Korut.
 
Korut telah meminta AS untuk mengubah sikap hingga akhir tahun ini jika dialog nuklir ingin diluncurkan. Jika tenggat waktu itu terlewati, Pyongyang mengaku akan mengadopsi "cara baru."

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menteri Pertahanan Korea Selatan mengatakan bahwa tes pertama Korut pada bulan ini adalah uji coba sebuah mesin. Sebelumnya, Korut telah berjanji akan membongkar situs Sohae.
 
Perwakilan Khusus AS untuk Korut Stephen Biegun dijadwalkan mengunjungi Seoul, Korsel, pada Minggu besok. Presiden AS Donald Trump mengaku masih berharap dapat mencapai sebuah kesepakatan dengan Korut.
 
Trump menjadikan diplomasi dengan Korut sebagai pusat dari kebijakan luar negeri AS di tahun 2018. Namun Trump gagal mencapai konsesi signifikan mengenai denuklirisasi di Semenanjung Korea, meski ia sudah tiga kali bertemu pemimpin Korut Kim Jong-un.
 
Kamis kemarin, AS melakukan uji coba misil balistik jarak menengah di Samudra Pasifik. Senjata tersebut dilarang di bawah Intermediate-Range Nuclear Forces Treaty (INF), sebuah perjanjian senjata yang telah ditinggalkan Trump.
 
Inti dari negosiasi antara Trump dan Kim adalah, AS ingin Korut menghentikan seluruh program senjata nuklir. Jika itu terlaksana, maka AS akan mencabut rangkaian sanksi ekonomi yang telah dijatuhkan ke Korut.
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif