PM Pakistan Imran Khan. (Foto: AFP)
PM Pakistan Imran Khan. (Foto: AFP)

PM Pakistan Janji Bebaskan Kashmir dari India

Sonya Michaella • 30 Agustus 2019 15:34
Islamabad: Ribuan orang berkumpul di depan kantor Perdana Menteri Imran Khan untuk menyaksikan pidatonya terkait Kashmir. Khan berjanji segera menyelesaikan sengketa ini dengan India.
 
"Kami akan berdiri untuk Kashmir sampai nafas terakhir kami. Pemerintahan Narendra Modi tidak bedanya dengan Nazi Jerman," kata Khan, dikutip dari AFP, Jumat 30 Agustus 2019.
 
Bulan depan Khan akan bertolak ke New York, Amerika Serikat (AS), untuk menghadiri Sidang Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dan akan mengangkat masalah Kashmir.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Di New York, saya akan memperjuangkan Kashmir untuk bisa lepas dari India," tegasnya.
 
Janji-janji Khan ini disambut sorak-sorai warga Pakistan yang sebelumnya telah melakukan aksi unjuk rasa damai menyanyikan lagu kebangsaan Pakistan dan Kashmir.
 
Pemerintah India mengklaim sekitar 500 protes terjadi di wilayah Kashmir sejak Perdana Menteri Narendra Modi mencabut status otonomi wilayah tersebut. Akibatnya, ratusan orang terluka. Jumlah insiden akibat protes ini terus meningkat dan rusuh jika tak ada blokade dari aparat.
 
Setidaknya 100 warga sipil, 300 personel polisi dan 100 pasukan paramiliter terluka dalam insiden protes tersebut. Warga sipil yang mendiami Kota Srinagar mogok beraktivitas sebagai bentuk aksi protes.
 
Usai mencabut status otonomi Kashmir, India meyakini Kashmir dan Jammu wilayah di bawah hukum India. 
 
Namun, klaim ini ditolak mentah-mentah oleh Pakistan. Pakistan juga memutuskan untuk membawa sengketa Kashmir ke Mahkamah Internasional.

 
(FJR)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif