Jepang Mempertimbangkan Pertemuan dengan Korea Utara
PM Jepang, Shinzo Abe. (Foto: AFP)
Tokyo: Jepang dikabarkan sedang mempertimbangkan pertemuan dengan Korea Utara, yang akan dilakukan oleh Perdana Menteri Shinzo Abe dan Kim Jong-un.

Laporan tersebut muncul setelah keinginan Presiden Amerika Serikat Donald Trump bertemu dengan Kim. Tampaknya, Jepang akan mengikuti jejak AS.

"Pertemuan PM Abe dan Kim Jong-un akan menjadi bagian dari pendekatan baru Tokyo untuk menangani Korut," kata sumber pemerintah anonim, dikutip dari Kyodo, Rabu 14 Maret 2018.


Namun ketika dikonfirmasi ke Kementerian Luar Negeri Jepang, seorang juru bicara mengatakan belum bisa membenarkan kabar tersebut.

"Kami akan mempelajari kebijakan kami, tentunya. Dari sudut pandang yang efektif untuk menyelesaikan konflik dengan Korut," kata dia.

Awal pekan ini, utusan Korea Selatan bernama Suh Hoon sempat mengunjungi Tokyo untuk memberitahu PM Abe bahwa proses perundingan diplomatik dengan Korut bergerak dengan sangat cepat, serta rencana pertemuan tingkat tinggi AS dan Korut.

Jepang, sekutu dekat AS, berada dalam garis tembak nulir Korut. Pada 2017, dua kali Korut menembakkan nuklir yang akhirnya jatuh di Laut Jepang dan membuat Negeri Sakura ini berang.

PM Jepang terakhir yang pernah bertemu dengan pemimpin tertinggi Korut adalah PM Junichiro Koizumi, bertemu dengan Kim Jong-il di Pyongyang pada 2004 silam. 



(FJR)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id