Perdana Menteri Kamboja, Hun Sen (Foto: AFP).
Perdana Menteri Kamboja, Hun Sen (Foto: AFP).

PM Kamboja Ingin Berkuasa Satu Dekade Lagi

Internasional politik kamboja
Marcheilla Ariesta • 28 Desember 2017 13:28
Phnom Penh: Perdana Menteri Kamboja, Hun Sen berencana memperpanjang kekuasaannya setidaknya satu dekade lagi. Dia mengungkapkan hal tersebut setelah beberapa pekan pengadilan tinggi membubarkan partai oposisi utama jelang pemilihan umum 2018.
Partai Penyelamat Nasional Kamboja (CNRP) dibubarkan pada November lalu atas permintaan Hun Sen sendiri. Kelompok pegiat hak asasi manusia Kamboja mengatakan apa yang dilakukan Hun Sen adalah kematian bagi demokrasi di negara tersebut.
"Saya akan terus menjadi Perdana Menteri terpilih untuk setidaknya 10 tahun lagi. Saya harap Anda semua sebaik orangtua dan kakek-nenek kalian. Jika mereka masih hidup, keluarga Anda akan terus memilih dan mendukung Partai Rakyat Kamboja (CPP) pada 29 Juli 2018," kata Hun Sen, seperti dilansir dari laman Asia One, Kamis 28 Desember 2017.
Pidato ini disampaikan kepada ribuan pekerja garmen pada Rabu kemarin di sebuah pagoda di pinggiran Phnom Penh. Dia mengatakan akan tetap berkuasa dan meminta para pekerja memilih CPP.
Garmen sendiri merupakan ekspor terbesar Kamboja sejauh ini, dan para pekerja garmen merupakan kelompok yang memiliki suara terbanyak. Pada 2016, ekspor garmen mencapai USD6,3 miliar dan mencapai USD4,9 miliar pada tujuh bulan pertama di 2017.
Hun Sen merupakan mantan kader Khmer Rouge yang membelot dari kelompok genosida tersebut dan membantu mengendalikan mereka dari kekuasaan pada 1979. Saat itu, dia dikukuhkan membantu Kamboja mencapai pertumbuhan ekonomi.
Sayangnya, dia juga dikritik karena tindakan kerasnya terhadap kelompok masyarakat sipil dan media.
Tiongkok, pendukung terbesar Kamboja mengatakan pihaknya mendukung upaya pemerintah mempertahankan keamanan nasional salah satu negara di Asia Tenggara itu.

 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif