Coba Suap Pejabat KBRI, Tiga Warga Singapura Disidang
Ilustrasi oleh Medcom.id.
Singapura: Tiga warga Singapura disidang terkait dengan percobaan suap terhadap seorang pejabat KBRI Singapura bernama Agus Ramdhany Machjumi, seorang staf administrasi dan teknis, senilai 92 ribu dolar Singapura atau setara Rp977 juta. 

Ketiga orang ini adalah penerjemah lepas Abdul Aziz Mohamed Hanib, agen asuransi James Yeo Siew Liang dan Benjamin Chow Tuck Keong, seorang direktur perusahaan organik.

Dilansir dari Strait Times, Rabu 21 September 2018, suap tersebut dilaporkan sebagai hadiah untuk Agus karena telah membantu dua perusahaan asuransi milik James Yeo.


“Namun telah ditegaskan bahwa KBRI Singapura tidak terlibat apa pun dalam kasus dugaan suap ini. Meski demikian, memang benar dua perusahaan tersebut menjadi penyedia asuransi TKI di Singapura,” pernyataan pihak Biro Penyelidik Praktik Korupsi Singapura (Corrupt Practices Investigation Bureau/CPIB).

KBRI Singapura juga telah menyatakan bahwa Agus telah meninggalkan KBRI. Seorang juru bicara dari KBRI Singapura menambahkan, kasus ini diselidiki dengan serius.

“Kami mencermati kasus ini dengan serius karena kami tidak mentolerir pelanggaran apa pun. Otoritas kami juga sedang menyelidiki dan akan diproses sesuai hukum di negara kami dan di sini,” ucap dia.

Sejak April 2018, para majikan yang mempekerjakan pekerja migran asal Indonesia diminta untuk memberikan asuransi dari perusahaan yang ditunjuk oleh KBRI Singapura. Asuransi tersebut bernilai 70 dolar Singapura.

Jika majikan melanggar peraturan yang sudah ditentukan KBRI Singapura, majikan harus menbayar denda sebesar 6 ribu dolar Singapura.



(FJR)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id