Polisi berdiri di Hotel Shangri-La di Colombo, Sri Lanka, yang rusak terkena ledakan pada Minggu 21 April 2019. (Foto: AFP/ISHARA S. KODIKARA)
Polisi berdiri di Hotel Shangri-La di Colombo, Sri Lanka, yang rusak terkena ledakan pada Minggu 21 April 2019. (Foto: AFP/ISHARA S. KODIKARA)

Bom di Sri Lanka Sebagai Balasan Bom di Selandia Baru

Internasional Ledakan Sri Lanka
Sonya Michaella • 23 April 2019 17:11
Kolombo: Menteri Pertahanan Sri Lanka Ruwan Wijewardene membeberkan bukti awal dari insiden pengeboman di sejumlah gereja dan hotel mewah di Kolombo, Minggu 21 April 2019 lalu. Akibat pengeboman ini, 320 orang tewas.
 
"Investigasi awal mengungkapkan bahwa apa yang terjadi di Sri Lanka adalah sebagai balasan atas serangan terhadap Muslim di Christchurch, Selandia Baru," kata Wijewardene, dikutip dari AFP, Selasa 23 April 2019.
 
Ia pun merujuk pada pengeboman di Masjid Al Noor dan Masjid Linwood di Christchurch saat sedang berlangsung salat Jumat pada 15 Maret lalu yang menewaskan 50 orang.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca:Polisi Sri Lanka Tahan Warga Suriah Terkait Pengeboman
 
Wijewardene juga mengonfirmasi bahwa kelompok militan lokal National Thowheeth Jama'ath (NTJ) yang menjadi dalang atas pengeboman ini. Ia juga mengklaim, NTJ mendapat bantuan dari jaringan teroris internasional yaitu Jamaat-ul-Mujahideen India (JMI).
 
"NTJ memiliki hubungan dekat dengan JMI. Kini telah terungkap. Kami akan terus menyelidiki kasus ini," lanjut dia.
 
Delapan bom meledak di tiga gereja yang sedang menggelar misa Paskah dan empat hotel mewah serta sebuah rumah di pinggiran Kolombo.
 
Hingga saat ini, kepolisian Sri Lanka telah menangkap 40 orang yang diduga ada di balik pengeboman dan salah satu di antaranya adalah warga Suriah. Sebelumnya, mereka juga telah mengidentifikasi satu pelaku bernama Insan Seelawan yang berasal dari Sri Lanka.

 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:25
  • SUBUH04:35
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA19:00

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif