Sultan Pahang akan menjabat sebagai Raja baru Malaysia selama lima tahun. (Foto: The Star).
Sultan Pahang akan menjabat sebagai Raja baru Malaysia selama lima tahun. (Foto: The Star).

Sultan Pahang Ditunjuk sebagai Raja Baru Malaysia

Internasional malaysia politik malaysia
Fajar Nugraha • 24 Januari 2019 15:08
Kuala Lumpur: Malaysia sudah memilih raja baru menggantikan Sultan Muhammad V yang memilih untuk mundur. Sultan Pahang, setuju untuk menjabat sebagai Yang Dipertuan Agung ke-16.
 
Kepastian pria yang bernama lengkap Al-Sultan Abdullah Ri'ayatuddin Al-Mustafa Billah Shah Ibni Sultan Haji Ahmad Shah Al Musta'in Billah ini diraih usai pertemuan dari sembilan sultan di Malaysia. Sementara Sultan Terengganu, Sultan Mizan Zainal Abidin akan memegang posisi Wakil Yang Dipertuan Agung.
 
Raja Malaysia ini nantinya akan memerintah selama lima tahun. Pemilihan berlangsung selama Pertemuan Khusus Konferensi Para Penguasa yang dijadwalkan dimulai pukul 10.30 pagi di Istana Negara.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Seperti dilansir The Star, Kamis, 24 Januari 2019, sesuai dengan pasal 2 Jadwal Ketiga Konstitusi Federal, Konferensi Para Penguasa akan memberikan posisi Yang Dipertuan Agung kepada Penguasa yang memenuhi syarat. Negara bagian dari penguasa itu juga berada pada posisi pertama dalam daftar pemilihan.
 
Daftar rotasi pertama penunjukan Yang Dipertuan Agung dibuat dengan persetujuan Raja Malaysia sesuai dengan senioritas dalam hal periode pemerintahan. Urutan mereka adalah sebagai berikut: Negeri Sembilan, Selangor, Perlis, Terengganu, Kedah, Kelantan , Pahang, Johor dan Perak.
 
Mundurnya Sultan Muhammad V sebagai Yang Dipertuan Agung ke-15 membuat terkejut banyak pihak. Spekulasi muncul bahwa mundurnya Sultan Muhammad karena pernikahannya dengan seorang model Rusia.
 
Tetapi hal tersebut belum terbukti hingga saat ini. Sultan Muhammad sendiri belum menjelaskan secara gamblang mengapa ia memutuskan mundur.
 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif