Jet tempur J31 milik Tiongkok (Foto: Bloomberg)
Jet tempur J31 milik Tiongkok (Foto: Bloomberg)

Tiongkok Pamer Jet Tempur Siluman saat Obama Berkunjung

Internasional militer tiongkok
Fajar Nugraha • 12 November 2014 09:53
medcom.id, Beijing: Gelaran APEC dijadikan ajang pamer Pemerintah Tiongkok atas perkembangan teknologi militernya. Mereka memamerkan jet tempur siluman di tengah kunjungan Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama.
 
Zhuhai Air Show menjadi ajang unjuk gigi Tiongkok dengna memperlihatkan kebolehan pesawat tempur J-31. Pesawat ini memiliki kemampuan siluman seperti halnya jet tempur milik AS. Demikian diberitakan Bloomberg, Rabu (12/11/2014).
 
Tentunya ada banyak perusahaan pesawat lain yang turut serta dalam pameran ini. Tetapi kemunculan jet tempur J-31 menarik perhatian, karena tepat di saat Obama berkunjung ke Negeri Tirai Bambu.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Perusahaan besar seperi GE Aviatoon dan Embraer SA berkumpul di Zhuhai Air Show yang baru saja dibuka Selasa (11/11/2014). Boeing dan Airbus juga turut hadir pameran ini.
 
Tak pelak kehadiran J-31 menunjukkan ambisi Tiongkok teknologi pertahanan. Tetapi Tiongkok sepertinya juga ingin turut serta dalam industri penerbangan sipil.
 
Selama ini keberadaan J-31 tetap disembunyikan, hingga pada akhirnya dipamerkan tepat ketika Tiongkok menjadi tuan rumah pertemuan APEC. Pesawat ini menguji kemampuan Tiongkok untuk menjawab tantangan dominiasi militer dan ekonomi AS.
 
Pilot Tiongkok tampak menunjukkan kebolehan bermanuver dari jet tempur anyar itu. Tampak pesawat melayang dengan indah di atas Zhuhai Air Show.
 
Jet temput ini merupakan pesawat generasi kelima dan memiliki klasifikasi serupa dengan pesawat F-22 Raptor milik AS. Pesawat ini bisa mengurangi pendeteksian di radar dan bisa melesat hingga kecepatan supersonik.
 
Upaya Tiongkok untuk membangun peralatan militer, telah menimbulkan pertanyaan mengenai risiko meminjamkan teknologi. Ada dugaan bahwa mereka mengirim, kapal pengawas ke Hawaii pada JUli, bahkan ketika Angkatan Laut Tiongkok berpartisipasi dalam latihan angkatan laut terbesar di dunia yang dipimpin oleh AS.
 
(FJR)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif