Menlu RI Bahas Rakhine Bersama Penasehat Nasional Myanmar
Menlu Retno menerima kunjungan Penasihat Keamanan Nasional Myanmar U Thaung Tun di Kementerian Luar Negeri RI, Rabu 8 Agustus 2018. (Foto: Twitter/@Menlu_RI)
Jakarta: Perkembangan di Rakhine State menjadi salah satu topik utama ketika Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi menerima kunjungan Penasehat Keamanan Nasional Myanmar U Thaung Tun di Kementerian Luar Negeri RI, Rabu 8 Agustus 2018.

"Betul tadi saya menerima kunjungan beliau. Tentu tindaklanjut dan perkembangan di Rakhine kami bahas. Saya minta update Rakhine dan apa lagi yang bisa kita bantu untuk di sana," kata Menlu Retno ketika ditemui di ASEAN Secretariat, Jakarta, Rabu 8 Agustus 2018.

"Banyak yang dibahas. Salah satunya kami sampaikan perlunya keterbukaan, supaya Myanmar juga bisa mendapatkan kepercayaan dari negara lain," lanjut dia.


Selain itu, U Thaung disebut mengapresiasi pembangunan rumah sakit Indonesia di Rakhine. Mereka juga mengapresiasi para pekerjanya yang nanti akan berasal dari berbagai macam latar belakang dan budaya.

"Model seperti ini kan nanti diadopsi dalam rangka pembangunan ekonomi di Rakhine. Pembangunan ekonomi yang berkelanjutan dan inklusif. Pembangunan RS ya mudah-mudahan selesai akhir tahun ini," ucap Menlu Retno lagi.

Selain itu, Menlu Retno menyampaikan juga pentingnya kerja sama meningkatkan kerja sama polisi antara polisi Indonesia dan Myanmar. 

"Intinya, saya sampaikan bahwa perlu adanya keterbukaan. Saya sampaikan dengan posisi bahwa kita satu saudara, sama-sama anggota ASEAN," tukas dia.

Menlu Retno berharap proses repatriasi pengungsi Rohingya cepat terselesaikan. Selain itu, Indonesia juga berkomitmen terus membantu Rohingya dalam berbagai bidang, seperti ekonomi dan kesehatan.




(WIL)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id