Wahana naik gajah untuk ke kuil di Kamboja akan dilarang mulai tahun depan. (Foto: AFP).
Wahana naik gajah untuk ke kuil di Kamboja akan dilarang mulai tahun depan. (Foto: AFP).

Kamboja Melarang Turis Naik Gajah di Kuil Angkor

Internasional kamboja
Marcheilla Ariesta • 15 November 2019 19:07
Siem Reap: Kamboja akan melarang semua perjalanan menggunakan gajah di taman kuil Angkor yang terkenal di negara itu. Larangan ini akan dimulai awal tahun depan.
 
Ini merupakan kemenangan bagi para konservasionis yang telah lama mengecam praktik tersebut. Menurut mereka, penggunaan gajah untuk menarik turis adalah langkah kejam.
 
"Wahana (naik gajah) ini akan berakhir pada awal 2020," ucap juru bicara Otoritas Apsara, Long Kosal, dikutip dari AFP, Jumat, 15 November 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut dia, menggunakan gajah untuk kepentingan bisnis sudah tidak layak lagi. "Beberapa hewan yang digunakan juga sudah tua," imbuhnya.
 
Sejauh ini, lima dari 14 gajah yang bekerja di Kuil Angkor telah dipindahkan ke hutan komunitas. "Mereka akan menjalani kehidupan alami mereka di sana," kata dia.
 
Kosal menambahkan perusahaan yang memiliki gajah akan terus merawat hewan-hewan tersebut.
 
Kamboja telah lama mendapat kecaman dari kelompok aktivis hak binatang karena naik gajah dijajakan di mana-mana. Praktik ini juga terlihat di negara tetangga, seperti Thailand, Vietnam dan Laos.
 
Pada 2016, seekor gajah betina mati di pinggir jalan setelah membawa wisatawan di sekitar kuil Angkor Wat dalam cuaca sangat panas. Hewan itu bekerja sekitar 45 menit sebelum dia pingsan dan mati.
 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif