Situasi kota Wuhan di provinsi Hubei, Tiongkok, 26 Januari 2020. (Foto: AFP/HECTOR RETAMAL)
Situasi kota Wuhan di provinsi Hubei, Tiongkok, 26 Januari 2020. (Foto: AFP/HECTOR RETAMAL)

Evakuasi 100 WNI dari Wuhan Tidak Mudah

Internasional virus korona indonesia-tiongkok
Marcheilla Ariesta • 28 Januari 2020 13:35
Jakarta: Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan opsi evakuasi warga negara Indonesia dari Wuhan, Tiongkok, tetap terbuka. Namun, ia menekankan bahwa mengevakuasi warga dari kota yang dikunci total akibat wabah virus korona bukanlah hal mudah.
 
"Evakuasi di dalam status sebuah wilayah yang ditutup, tidak bisa serta merta dilakukan. Kita harus bicara dengan otoritas mereka, ada aturan-aturannya," tutur Retno di Jakarta, Selasa 28 Januari 2020.
 
Menlu Retno mengaku sudah melakukan rapat koordinasi untuk mengevakuasi para WNI dari Wuhan. Rapat dilakukan antara Kementerian Koordinator bidang Politik Hukum dan Keamanan, TNI, Kementerian Kesehatan dan pemangku kepentingan lainnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kita mulai memetakan apabila opsi tersebut diambil, maka seperti apa (mekanismenya), baik rute, persyaratan, dan sebagainya," ungkap Menlu Retno.
 
"Tentu ada persyaratan terkait karantina sebelum berangkat dan setiba mereka di sini," imbuhnya.
 
Rapat lanjutan juga telah dilakukan Menlu Retno hari ini dengan pimpinan Menteri Koordinator Pemberdayaan Manusia dan Kebudayaan. Rapat bertujuan mematangkan langkah evakuasi yang nantinya dilakukan di Wuhan.
 
"Ini merupakan situasi khusus, dan kita akan terus melakukan koordinasi dengan otoritas Tiongkok," serunya.
 
Tidak hanya Tiongkok, Menlu Retno juga telah berkomunikasi dengan Menlu Australia Marise Payne terkait evakuasi. Australia merupakan salah satu negara yang berencana mengevakuasi warga mereka dari Wuhan.
 
Payne mengatakan Australia sedang merancang rencana evakuasi, yang juga meliputi upaya koordinasi dengan otoritas Tiongkok.
 
Saat ini ada 100 WNI di Wuhan, mayoritas dari mereka adalah mahasiswa yang belajar di sana. "Pemerintah memberikan perhatian yang sangat besar terhadap kesehatan dan keselamatan WNI kita di Tiongkok, terutama yang ada di titik yang kini sedang dikarantina," tegasnya.
 
Virus korona tipe Novel Coronavirus (2019-nCoV) pertama kali muncul di kota Wuhan pada Desember lalu. Virus korona jenis terbaru ini telah menewaskan 106 orang dan menginfeksi 4.000 orang.
 
(WIL)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif