Pameran kopi Indonesia di Ho Chi Minh City, Vietnam. (Foto: Dok. KJRI HCM)
Pameran kopi Indonesia di Ho Chi Minh City, Vietnam. (Foto: Dok. KJRI HCM)

Kopi Indonesia Tarik Peminat di Vietnam

Sonya Michaella • 04 November 2019 11:57
Ho Chi Minh: Kopi asal Indonesia menarik perhatian warga Vietnam di ajang Coffee Expo Vietnam, Ho Chi Minh City pada 31 Oktober hingga 2 November kemarin. 
 
Tujuh perusahaan kopi Indonesia yang turut berpartisipasi adalah Ulubelu Coffee (Lampung), Indraco Group (Surabaya), Kopi Serboek Sari (Sumatera Barat), CV Tujuh Bintang Jaya (Yogyakarta), PT. Nabu Kopi Ranah Indonesia (Jakarta), CV Bawadi kopi (Aceh), dan Indonesia In Your Hand (Jakarta).
 
Perusahaan yang hadir tersebut telah menjual Kopi Indonesia ke berbagai negara, termasuk CV Bawadi yang telah menjual 300 ton kopi ke Starbucks Amerika Serikat. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Keberhasilan kopi Vietnam juga tidak lepas dari peran Indonesia di mana ada program Indonesia di Vietnam sejak 1986 yang membantu memberikan pelatihan khusus perkebunan kopi kepada pihak Vietnam di beberapa  perkebunan kopi di Lampung Sumatera dan Jawa Timur," kata Konjen RI di Ho Chi Minh City, Hanif Salim, dalam keterangan tertulis KJRI Ho Chi Minh kepada Medcom.id, Senin 4 November 2019.
 
Hanif menegaskan, Indonesia tidak boleh takut bersaing walaupun dari segi produktifitas, kopi Vietnam lebih banyak dan harganya murah. 
 
"Kopi Indonesia memiliki kualitas dan cita rasa luar biasa dan lebih baik. Kopi Indonesia tetap dicari pembeli di Vietnam karna kualitas yang sudah diakui dunia," ucap dia.
 
Tahun lalu, ungkap Hanif, Indonesia berhasil menjual dua  kontainer kopi gayo setiap bulan usai dipamerkan di ajang Vietnam Coffee Show 2018.
 
Mengingat kualitas kopi Indonesia yang tinggi, sebagian besar kopi Indonesia yang diimpor ke Vietnam tersebut digunakan sebagai bahan campuran dengan kopi lokal untuk memperkuat cita rasa kopi lokal sebelum dijual ke konsumen. 
 
Selain Indonesia, Coffee Expo Vietnam 2019 diikuti oleh 8 negara lainnya yaitu Korea Selatan, Singapore, Taiwan, China, Malaysia, Myanmar, Colombia dan Kamboja.
 
(WIL)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif