Bom di Kotak Sayur Meledak, 31 Warga Pakistan Tewas
Ilustrasi oleh Medcom.id.
Islamabad: Sebanyak 31 orang tewas dan 50 lainnya luka-luka ketika sebuah bom yang disembunyikan di sekotak sayuran meledak di pasar Pakistan. Saat kejadian, kondisi pasar tengah ramai dipenuhi warga.

Lokasi penyerangan itu adalah sebuah pasar murah di Kalaya, sebuah kota di daerah suku yang didominasi Syiah di distrik Orakzai. "Menurut penyelidikan awal kami, itu adalah alat peledak rakitan yang disembunyikan di dalam karton sayuran," kata pejabat senior polisi wilayah Orakzai, Khalid Iqbal, seperti dikutip AFP, Jumat, 23 November 2018.

Pejabat senior lainnya, Ameen Ullah, mengatakan 31 orang tewas, termasuk 22 orang warga Syiah. “Lebih dari 50 orang terluka, dengan 17 di antaranya dalam kondisi kritis,” sebut Ullah.


Orakzai adalah salah satu dari tujuh wilayah suku semi-otonomi di dekat perbatasan Afghanistan, daerah yang telah menjadi titik fokus dalam perang global melawan terorisme dan terkenal digambarkan oleh Barack Obama sebagai "tempat paling berbahaya di dunia".

Washington bersikeras bahwa wilayah pegunungan itu memberikan tempat yang aman bagi militan termasuk Taliban Afghanistan dan Al Qaeda, sebuah tuduhan yang dibantah oleh Islamabad. Pakistan, yang bergabung dengan perang AS melawan teror pada tahun 2001, mengatakan itu memiliki harga untuk aliansi.

Mereka telah memerangi kelompok-kelompok militan di basis wilayah Orakzai sejak tahun 2004, setelah pasukan memasuki daerah itu untuk mencari militan Al Qaeda yang melarikan diri melintasi perbatasan setelah invasi pimpinan AS ke Afghanistan.

Beberapa operasi militer berdarah telah dilakukan di daerah itu, yang secara resmi dikenal sebagai wilayah Federal Managed Tribal Area (FATA) dan menampung sekitar lima juta etnis Pashtun. Kondisi keamanan terus membaik di wilayah ini dalam beberapa tahun terakhir, meskipun serangan kecil kerap dilakukan dengan pesanan khusus, sering kali menargetkan warga Syiah di daerah tersebut.

Tapi wilayah Orakzai juga terkeal karena ketersediaan senjata murah dan barang selundupan, bersama dengan narkotika termasuk ganja dan opium yang tumbuh di wilayah FATA dan negara tetangga Afghanistan. Warga juga mengeluh tentang pelecehan yang tidak semestinya oleh pasukan keamanan, mengutip, penghilangan dan pembunuhan di luar proses hukum.

Awal tahun ini Pakistan mengesahkan undang-undang yang membuka jalan bagi daerah kesukuan untuk menjadi tetangga provinsi Khyber Pakhtunkhwa, membawa mereka masuk ke ke arus utama politik. Langkah ini akan memaksakan sistem peradilan Pakistan di wilayah yang masih longgar diatur oleh hukum era kolonial Inggris dan sistem kehormatan kesukuan.



(FJR)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id