Indonesia-Kamboja Kerja Sama Penguatan Demokrasi
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi membahas isu demokrasi dengan Menlu Kamboja Prak Sokhonn di Jakarta, Selasa 4 Desember 2018. (Foto: Fajar Nugraha/Medcom.id).
Jakarta: Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi melakukan pertemuan dengan Menlu Kamboja Prak Sokhonn di Gedung Pancasila, Jakarta, Selasa 4 Desember 2018. Demokrasi dan pertahanan menjadi isu utama yang dibahas.

Indonesia mempersiapkan gelaran Bali Democracy Forum ke-11 yang berlangsung 6-7 Desember. Tahun ini BDF akan mengangkat tema ‘Democracy for Prosperity’ dimana diharapkan demokrasi bisa membawa kemakmuran bagi warga.

“Saya menyampaikan kepada Menlu Kamboja bagaimana demokrasi bisa sukses di Indonesia dan juga berbagai informasi persiapan pemilu di Indonesia. Indonesia yakin bahwa demokrasi tetap merupakan cara terbaik untuk melayani masyarakat,” ujar Menlu Retno dalam sidang komisi bersama dengan Menlu Kamboja Prak Sokhonn, di Gedung Pancasila, Jakarta, Selasa, 4 Desember 2018.


Menlu Sokhonn pun mengakui bahwa negaranya saat ini telah bergerak menuju penerapan demokrasi yang lebih baik. Terutama setelah gelaran pemilu nasional yang menetapkan Hun Sen, kembali menjabat sebagai Perdana Menteri Kamboja, Sokhonn menyebutkan ada beberapa langkah diambil pemerintahannya mengenai demokrasi.

“Sekitar dua pekan yang lalu Pemerintah Kamboja mengambil sejumlah langkah untuk mendorong situasi politik yang lebih baik dan membuka ruang demokrasi yang lebih besar bagi rakyat Kamboja. Pemerintah juga mendorong partisipasi dengan masyarakat madani dengan NGO dan juga dengan serikat perdagangan,” jelas Menlu Sokhonn.

“Jadi kami melakukan sejumlah upaya sebisa kami untuk mendorong demokrasi yang lebih baik di Kamboja,” tegasnya.

Perayaan peringatan ke-60 tahun hubungan diplomatik antara Indonesia dan Kamboja juga menjadi pembahasan kedua menlu ini. Menlu Sokhonn menjelaskan bahwa kedua negara akan merayakan hubungan diplomatik ini dengan melakukan sejumlah kegiatan bersama. Bagi Sokhonn, perayaan tersebut akan memperkuat hubungan kedua negara.

Kerja sama pertahanan juga menjadi isu pembahasan pertemuan ini. Berbagai pelatihan diberikan oleh Indonesia kepada Kamboja. Menteri Sokhonn pun menyampaikan apresiasinya atas bantuan tersebut.



(FJR)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id