Our Ocean Conference 2018

OOC Wujud Indonesia Sampaikan Komitmen Kemaritiman

Sonya Michaella 25 Oktober 2018 17:23 WIB
Our Ocean Conference 2018
OOC Wujud Indonesia Sampaikan Komitmen Kemaritiman
Jumpa pers terkait Our Ocean Conference 2018 di Jakarta. (Foto: Medcom.id/Sonya Michaella).
Jakarta: Indonesia akan menjadi tuan rumah perhelatan Our Ocean Conference ke-5, bertempat di Nusa Dua, Bali. Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi dan Menteri Kelautan dan Perikanan RI Susi Pudjiastuti akan hadir dalam acara ini.

Sebagai tuan rumah, Our Ocean Conference menjadi alat Indonesia menegaskan visi dan kepemimpinan negara di isu-isu kelautan dan di antara negara-negara kepulauan. 

"Di OOC, Indonesia akan menyampaikan komitmen nyata dan terukur untuk isu maritim dan juga merumuskan pelaksanaannya, seperti proteksi maritim, pemgurangan sampah plastik di laut dan sustainable fisheries," kata Direktur Pembangunan Ekonomi dan Kelestarian Lingkungan Hidup Kementerian Luar Negeri RI Muchsin Shihab, di Jakarta, Kamis 25 Oktober 2018.


Muchsin menambahkan, dari 600 review komitmen pelaksanaan yang sudah dibuat, ada 160 yang dianggap sudah tercapai. "Indonesia juga berpandangan bahwa perlu dibentuk sebuah established review dan mekanisme serta parameter yang jelas sehingga keberhasilannya terjadi. Namun, itu tidak hanya ditingkat pemerintah tetapi juga di antara para stakeholder yang hadir," ucap dia.

Dibentuk pada tahun 2013, OOC pertama kali diadakan di Amerika Serikat (AS). Selanjutnya, pertemuan kedua diadakan di Chile, kemudian kembali di AS, lalu terakhir tahun lalu di Malta.

Muchsin mengonfirmasi akan ada enam kepala negara yang hadir, antara lain presiden Nauru, presiden Palau, Pangeran Monaco, presiden Kepulauan Marshall, Wakil Presiden Seychelles, dan Wakil Presiden Panama serta dihadiri oleh 1.900 peserta.

Selain itu, akan ada pula 30 perwakilan negara setingkat menteri yang akan hadir dan direktur jenderal, 38 organisasi internasional serta 290 NGO dan sektor privat.



(FJR)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id