Presiden Jokowi di KTT ASEAN-Korea, Busan. (Foto: Laily Rachev/Biro Pers Sekretariat Presiden).
Presiden Jokowi di KTT ASEAN-Korea, Busan. (Foto: Laily Rachev/Biro Pers Sekretariat Presiden).

Masyarakat Jembatan Penting Hubungan RI-Korsel

Internasional asean-korea
Marcheilla Ariesta • 26 November 2019 18:28
Busan: Presiden Joko Widodo mengatakan soft-connectivity sangat penting untuk penguatan hubungan kerja sama antara Indonesia, bahkan ASEAN dan Korea Selatan. Menurutnya, hubungan antarmasyarakat merupakan aset besar dalam membangun konektivitas.
 
"Tidak hanya hard-connectivity, seperti pembangunan infrastruktur, namun soft-connectivity juga sangat penting," kata pria yang akrab disapa Jokowi itu dalam KTT ASEAN-Korea di Busan, Korea Selatan, dari pernyataanBiro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden yang diterima Medcom.id, Selasa 26 November 2019.
 
Jokowi melihat masyarakat ASEAN dan Korea adalah jembatan penting bagi kemitraan kedua negara. Dia juga mengapresiasi peran penting ASEAN Culture House di Busan yang terus berupaya meningkatkan konektivitas antarmasyarakat.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


" Ke depan, kita dorong konektivitas antarmasyarakat melalui bebas visa kunjungan dalam mendukung target 15 juta pertukaran masyarakat ASEAN-Korea," imbuhnya.
 
Mantan Gubernur DKI Jakarta itu yakin bahwa pemuda, pelajar, ilmuwan, dan para periset dari ASEAN dan Korea akan menjadi jangkar bagi hubungan ke depan.
 
"Negara-negara ASEAN adalah negara yang memiliki penduduk usia muda yang besar. Karena itu kerja sama pengembangan sumber daya manusia menjadi sangat penting artinya," jelasnya.
 
Dalam pertemuan ini Jokowi juga menceritakan pertemuannya dengan para ilmuwan Indonesia yang belajar dan bekerja di Korea. Menurut Jokowi, mayoritas mereka masih muda dan memiliki keahlian di berbagai bidang, seperti nano technology, artificial intelligence dan mobile medical helathcare.
 
"Saya kagum terhadap kemampuan mereka. Setelah bertemu, saya makin menghargai pentingnya kerja sama di bidang pendidikan untuk anak-anak muda kita. Kerja sama ini harus terus diperkuat," pungkasnya.
 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif