Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dalam pembukaan Bali Democracy Forum 2019. Foto: Dok.Kemenlu RI
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dalam pembukaan Bali Democracy Forum 2019. Foto: Dok.Kemenlu RI

Bali Democracy Forum 2019

Keberhasilan Demokrasi Terkait dengan Peningkatan Inklusivitas

Internasional bali democracy forum
Marcheilla Ariesta • 05 Desember 2019 10:31
Nusa Dua: Selama dua tahun terakhir, demokrasi di dunia mengalami penurunan. Untuk kembali mengangkat demokrasi, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan harus meningkatkan inklusivitas.
 
"Ketidakpuasan dua tahun terakhir ini bahkan terjadi di negara-negara yang memiliki pemilihan terbuka, pemimpin yang dipilih secara demokratis," tutur Retno dalam pembukaan Bali Democracy Forum 2019 di Bali Nusa Dua Convention Centre, Bali, Kamis 5 Desember 2019.
 
"Karena itu, keberhasilan demokrasi sangat terkait dengan tingkat inklusivitas, di mana setiap orang memiliki kesempatan untuk berkontribusi dalam proses demokrasi," sambung dia.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Retno mengatakan mayoritas negara dalam kekacauan. Ini menunjukkan kembali tingkat kebebasan dan inklusivitas yang rendah, yang menyebabkan kerapuhan lebih tinggi.
 
Karenanya dengan meningkatkan inklusivitas, setiap orang dapat memperoleh manfaat dari buah demokrasi.
 
Dalam pidatonya, Retno menyampaikan tiga poin penting Indonesia untuk meningkatkan inklusivitas. Pertama, kepercayaan rakyat terhadap demokrasi harus dipertahankan.
 
"Kedua, kita harus melibatkan perempuan. Untuk membuat demokrasi semakin inklusif, kita harus memulainya dari perempuan," terangnya.
 
Dan yang terakhir adalah harus mengajak dan menggunakan suara milenial dan Generasi Z. Retno menegaskan, pemuda berperan penting untuk melanjutkan demokrasi ke depannya.
 
"Masa depan demokrasi kita tergantung pada Anda," tegasnya.
 
Dia menyatakan saat ini politik sudah bukan lagi sebuah pilihan. Pemerintah harus mengajak dan menuntun pemuda untuk memberikan energi dan kreativitas bagi keberlangsungan demokrasi.
 
"Sebuah bagian dari komitmen kami untuk inklusif secara penuh adalah dengan membangun kekuatan demokrasi bersama di semua level. Dan ini yang dilakukan BDF, kita menghelat diskusi di tingkat pemerintah, pebisnis, media, dan pemuda," tuturnya.
 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif