Ilustrasi--Medcom.id
Ilustrasi--Medcom.id

India Tangkap 750 Orang Terkait Bentrokan di Kuil

Internasional india bentrokan
Kumara Anggita • 05 Januari 2019 00:07
New Delhi: Kepolisian India menangkap sebanyak 750 orang. Penangkapan itu terkait dengan pertikaian antara umat Hindu dan aktivis perempuan yang terjadi selama dua hari di India. 

Pertikaian itu diawali dari masuknya dua perempuan ke dalam Kuil Sabrimala yang terletak di negara bagian Kerala. Kuil itu dianggap tempat paling suci di daerah tersebut.

Berdasarkan aturan yang mereka pegang dan telah diresmikan oleh Pengadilan Tinggi Kerala pada tahun 1991, perempuan yang berusia reproduktif (10-50 tahun) tidak diizinkan untuk menginjakan kaki di tempat suci itu.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



"Seperti halnya mereka yang ditangkap selama bentrokan, lebih dari 600 orang telah ditahan secara preventif," kata juru bicara Kepolisian setempat V.P. Pramod Kumar di New Delhi, seperti dikutip dari AFP, Jumat, 4 Januari 2019.  Bentrokan terjadi pada Rabu, 2 Januari dan Kamis, 3 Januari. Polisi menembakan gas air mata dan meriam air untuk meredam bentrokan tersebut. Namun, hal itu menyebabkan satu orang tewas dan 15 orang terluka. 

Mahkamah Agung mulai mendengarkan permintaan mengenai kuil ini. Tapi, putusan terbaru dianggap mengecewakan kaum tradisional, dan menunjukkan pandangan yang lebih liberal untuk masyarakat India.

Masuknya dua perempuan ke dalam kuil itu terjadi sehari setelah puluhan ribu perempuan membentuk rantai manusia besar, yang disebut "Dinding Wanita" di Kerala untuk mendukung akses permintaan.


(AZF)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi