Perayaan dimulainya era baru Reiwa di Tokyo, Jepang, Rabu 1 Mei 2019 dini hari. (Foto: AFP/CHARLY TRIBALLEAU)
Perayaan dimulainya era baru Reiwa di Tokyo, Jepang, Rabu 1 Mei 2019 dini hari. (Foto: AFP/CHARLY TRIBALLEAU)

Warga Jepang Rayakan Dimulainya Era Baru Reiwa

Internasional kaisar jepang
Willy Haryono • 01 Mei 2019 08:13
Tokyo: Warga Jepang merayakan dimulainya era baru Reiwa pada Rabu 1 Mei 2019 dini hari waktu setempat. Reiwa, atau harmoni yang indah, adalah era baru di bawah Kaisar Naruhito.
 
Naruhito adalah kaisar pengganti sang ayah, Akihito. Naruhito merupakan kaisar ke-126 Jepang dalam satu garis keturunan yang tak pernah terputus.
 
Nantinya pada Rabu pagi ini, dilansir dari laman NHK, Kaisar Naruhito akan menjalakan seremoni naik takhta di Istana Kekaisaran Jepang di Tokyo. Sang kaisar baru nantinya akan menerima Harta Karun Kekaisaran atau Regalia, yakni sebilah pedang dan permata suci.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sekitar 30 menit kemudian, dia akan bertemu dengan beberapa perwakilan warga Jepang. Perwakilan meliputi Perdana Menteri Jepang, kepala dua dewan di parlemen Jepang, Kepala Mahkamah Agung dan beberapa petinggi pemerintahan lokal.
 
Diwariskannya Harta Karun Kekaisaran atau Regalia kepada Naruhito akan menjadi penanda dimulainya satu tahun penuh seremoni, festival dan ritual keagamaan.
 
Selasa 30 April petang kemarin. Kaisar Akihito akhirnya resmi turun takhta dan menyerahkannya kepada Putra Mahkota Naruhito.
 
Melalui prosesi sederhana, prosesi turun takhta ini disertai penyerahan harta kaisar berupa pedang dan permata. Kemudian pula segel kekaisaran diserahkan oleh Akihito.
 
Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe memberikan pidato kehormatannya untuk kaisar berusia 85 tahun itu. Dia mengucapkan terima kasih kepada Akihito untuk pengabdiannya kepada Jepang.
 
Kemudian Kaisar Akihito mengucapkan pernyataan terakhirnya untuk Jepang, sebagai kaisar.
 
“Saya menyelesaikan tugas sebagai kaisar. Saya ingin memberikan rasa hormat kepada dunia yang diwakili Perdana Menteri Abe dan juga rakyat Jepang,” ujar Kaisar Akihito.
 
“Sejak naik takhta 30 tahun lalu, saya melakukan tugas sebagai kaisar rasa hormat kepada rakyat. Saya merasa sangat beruntung bisa melakukan tugas ini. ” imbuhnya.
 
“Saya tulus berterima kasih kepada rakyat yang menerima tugas yang saya jalankan. Bersama permaisuri, saya harapkan Era Reiwa yang akan dimulai besok akan memberikan kedamaian dan kebahagian khususnya bagi Jepang dan seluruh dunia,” sebut Akihito.
 
Baca:Kaisar Akihito Resmi Turun Takhta
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:26
  • SUBUH04:36
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA19:00

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif