Alasan Singapura jadi Tempat Bertemunya Trump dan Kim Jong-un

Marcheilla Ariesta 11 Mei 2018 13:54 WIB
amerika serikatkorea utara
Alasan Singapura jadi Tempat Bertemunya Trump dan Kim Jong-un
Patung Merlion, Singapura. (Foto: Photo Commerce/ ROMMY PUJIANTO).
Washington: Singapura dipilih menjadi tempat bertemunya Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump dan pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-un. Pertemuan akan dilaksanakan pada 12 Juni mendatang.

Banyak pihak bertanya-tanya alasan Singapura dipilih menjadi tempat pertemuan bersejarah tersebut. Koran USA Today, Jumat 11 Mei 2018 melaporkan kedua pihak menganggap Singapura merupakan negara netral yang memiliki hukum serta ketertiban yang tinggi.

Presiden Institute for Science and International Security Avid Albright menuturkan, langkah yang diambil kedua pemimpin dengan memilih Singapura sangat bijaksana.


"Mereka bisa mengendalikan pers , sementara untuk keamanan sudah pasti Singapura bisa dipercaya," katanya.

Dia menambahkan AS ingin lebih banyak kendali atas gambar yang beredar usai pertemuan tersebut. "Bayangkan jika Trump berjalan melintasi perbatasan sambil berpegangan tangan dengan pria itu (Kim Jong-un)," imbuh dia.

Sementara itu, Singapura juga dianggap menawarkan lingkungan yang lebih terkendali.

Donald Trump mengumumkan akan melakukan pertemuan dengan Kim Jong-un pada 12 Juni 2018 mendatang. Singapura dipilih sebagai tempat untuk pertemuan bersejarah tersebut.

"Pertemuan yang sangat dinanti antara Kim Jong-un dan saya sendiri akan berlangsung di Singapura pada 12 Juni," cuit sang presiden.



(FJR)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360