Presiden AS Donald Trump (kanan) berjabat tangan dengan pemimpin Korut Kim Jong-un. (Foto: KCNA/AFP)
Presiden AS Donald Trump (kanan) berjabat tangan dengan pemimpin Korut Kim Jong-un. (Foto: KCNA/AFP)

Korut Sebut Hubungan Kim dan Trump Relatif Baik

Internasional korea utara Amerika Serikat-Korea Utara
Willy Haryono • 11 Januari 2020 14:10
Pyongyang: Korea Utara mengaku telah menerima surat dari Presiden Amerika Serikat Donald Trump yang berisi ucapan selamat untuk pemimpin Kim Jong-un. Namun Korut menegaskan surat saja belum cukup untuk melanjutkan dialog nuklir antar kedua negara.
 
Trump dan Kim telah tiga kali bertemu sejak Juni 2018. Namun dialog denuklirisasi antar keduanya relatif mandek hingga saat ini.
 
Kim Kye-gwan, penasihat di Kementerian Luar Negeri Korut, mengatakan bahwa surat ucapan ulang tahun untuk Kim Jong-un datang langsung dari Washington.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Seperti yang sudah diketahui dunia, memang benar bahwa hubungan personal antara (Kim Jong-un) dan Presiden Trump relatif baik," ujar Kim Kye-gwan dalam keterangan yang dimuat di kantor berita Korean Central News Agency (KCNA).
 
Namun, ia menambahkan bahwa merupakan hal naif jika dialog dapat dilanjutkan hanya dengan bermodalkan kehangatan hubungan personal antar pemimpin AS dan Korut.
 
"Kami telah ditipu AS, terjebak dalam dialog yang berlangsung selama 1,5 tahun, dan semua waktu tersebut terbuang sia-sia," sebut Kim Kye-gwan, dilansir dari AFP, Sabtu 11 Januari 2020.
 
Mengenai dialog nuklir, ia menegaskan bahwa kelanjutannya hanya bisa terjadi jika Negeri Paman Sam "sepenuhnya menyepakati" berbagai hal yang telah disodorkan Pyongyang.
 
Namun Kim Kye-gwan mengaku pesimistis AS bersedia memenuhi semua yang diajukan Korut. "Kita semua tahu bahwa AS seperti tidak siap dan mau untuk melakukan semua itu. Kami sudah tahu apa yang harus kami lakukan untuk melangkah ke depan," kata Kim Kye-gwan.
 
Dalam sebuah pertemuan pada Desember lalu, Kim Jong-un mendeklarasikan akhir dari moratorium program nuklir dan uji coba misil balistik antarbenua. Ia juga sempat mengancam akan melakukan demonstrasi sebuah "senjata strategis baru" dalam waktu dekat.
 
Korut belum pernah secara resmi mengonfirmasi usia atau tanggal kelahiran Kim Jong-un. Namun pada 8 Januari 2014, pemain basket NBA Dennis Rodman menyanyikan lagu "Selamat Ulang Tahun" sebelum menghadiri sebuah pertandingan di Pyongyang.
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif