Kim Jong-un (kiri) bersama Presiden Tiongkok Xi Jinping di Beijing, 27 Maret 2018. (Foto: AFP/CCTV)
Kim Jong-un (kiri) bersama Presiden Tiongkok Xi Jinping di Beijing, 27 Maret 2018. (Foto: AFP/CCTV)

10 Momen Penting Kepemimpinan Kim Jong-un

Internasional korea utara
Willy Haryono • 28 Maret 2018 12:32
Pyongyang: Lewat kunjungan dadakan ke Tiongkok, pemimpin Korea Utara Kim Jong-un akhirnya menginjakkan kakinya di kancah global.
 
Anak termuda dari Kim Jong-il, Kim Jong-un adalah cucu dari pendiri Korut Kim Il-sung. Sang kakek mendirikan Republik Demokratik Rakyat Korea -- nama resmi dari Korut -- di tahun 1948.
 
Terdapat beberapa detail yang samar dari kehidupan Kim sebelum menjadi pemimpin Korut. Pyongyang tidak pernah mengonfirmasi hari maupun tahun ulang tahunnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dalam sebuah dokumen, Kementerian Keuangan Amerika Serikat menyebut Kim Jong-un lahir pada 8 Januari 1984. Terdapat spekulasi lain mengenai tahun kelahiran itu, antara 1982 atau 1983.
 
Berikut 10 momen signifikan dalam kepemimpinan Kim Jong-un, seperti dikutip AFP, Rabu 28 Maret 2018:
 
September 2010
Kim, yang kuliah di Swiss, dijadikan jenderal bintang empat dan posisi senior di Partai Pekerja Korut. Untuk kali pertama, media nasional Korut merilisi foto Kim Jong-un yang dianggap sudah dewasa.
 
Desember 2011
Masih berusia 20-an, dia dinobatkan sebagai "sang penerus hebat" usai kematian ayahnya. Penobatan dilakukan terhadap dirinya, bukan kepada dua kakaknya.
 
Desember 2012
Sebagai Komandan Agung militer Korut dan pemimpin Partai Pekerja Korut, Kim memerintahkan peluncuran roket jarak jauh. Satu tahun setelahnya, dia menyaksikan uji coba nuklir Korut untuk kali ketiga, yang meningkatkan ketegangan di Semenanjung Korea dan memicu penjatuhan sanksi dari Perserikatan Bangsa-Bangsa.
 
Desember 2013
Sebagai bagian dari operasi 'bersih-bersih,' Kim memerintahkan agar pamannya sendiri, Jang Song-thaek, dibunuh atas berbagai tuduhan, termasuk pengkhianatan dan korupsi.
 
10 Momen Penting Kepemimpinan Kim Jong-un
Momen-momen penting Kim Jong-un. (Foto: AFP)
 
Februari 2017
Kakak Kim Jong-un, Kim Jong-nam, tewas diserang dengan menggunakan gas syaraf di Bandara Internasional Kuala Lumpur. Korea Selatan menuduh Korut berada di balik serangan tersebut.
 
Juli 2017
Korut melakukan uji coba dua misil antarbenua, dan Kim mengklaim senjatanya mampu mencapai daratan utama AS.
 
September 2017
Di tengah ketegangan global atas program misil, Korut melakukan uji coba nuklir keenam sekaligs yang terbesar -- kali keempat di bawah kepemimpinan Kim Jong-un.
 
Februari 2018
Kim mengirim adik perempuannya, Kim Yo-jong, untuk menghadiri Olimpiade Musim Dingin di Korsel. Kim Yo-jong berjabat tangan dengan Presiden Korsel Moon Jae-in. Ia juga menyampaikan undangan sang kakak kepada Moon untuk menghadiri sebuah konferensi di Pyongyang.
 
8 Maret 2018
Undangan Kim kepada Presiden AS Donald Trump untuk berdiskusi muncul ke publik.
 
26-27 Maret 2018
Kim datang ke Beijing dengan menggunakan kereta api khusus. Ini merupakan kunjungan luar negeri pertama Kim sebagai pemimpin negara.
 

 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif