Thailand Turut Berduka atas Tragedi Kapal Tenggelam di Indonesia

Willy Haryono 06 Juli 2018 13:11 WIB
indonesia-thailand
Thailand Turut Berduka atas Tragedi Kapal Tenggelam di Indonesia
Menteri Luar Negeri Thailand Don Pramudwinai (Foto: Willy Haryono).
Yogyakarta: Menteri Luar Negeri Thailand Don Pramudwinai menyampaikan belasungkawa atas dua tragedi kapal tenggelam yang baru-baru ini terjadi di Indonesia.
 
Dua tragedi itu adalah tenggelamnya kapal KM Sinar Bangun di Danau Toba pada 18 Juni, dan KM Lestari Maju di Selayar pada 3 Juli.
 
"Saya turut berduka atas tragedi tersebut. Seperti di Indonesia, kami juga mengalami musibah," ujar Menlu Don di sela-sela Joint Commision Meeting (JCM) ke-9 di Hotel Tentrem, Yogyakarta, Jumat 6 Juli 2018.
 
Musibah yang dimaksud Menlu Don adalah tenggelamnya kapal wisata di perairan Phuket pada Kamis 5 Juli malam waktu setempat. Laporan awal menyebutkan ada 21 korban tewas.

Tragedi lain yang menimpa Thailand adalah terjebaknya 12 anak laki-laki dan pelatih sepakbola mereka di gua Tham Luang di provinsi Chiang Rai. Mereka semua sudah hampir dua pekan terjebak di gua yang terendam banjir tersebut.
 
Hingga saat ini tim gabungan belum dapat mengeluarkan 13 orang tersebut. Otoritas Thailand mengaku tidak mau mengambil risiko dalam upaya penyelamatan ini.
 
Sementara itu, hasil pendataan terbaru dalam tragedi KM Sinar Bangun menunjukkan ada 21 orang yang selamat termasuk juru mudi dan awak kapal, tiga penumpang meninggal dan 164 lainnya belum ditemukan.
 
Untuk tragedi KM Lestari Maju di Selayar, 35 penumpang meninggal dunia, 166 selamat, satu masih dinyatakan hilang.



(FJR)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id