Demonstrasi di Hong Kong kembali pecah. (Foto: AFP)
Demonstrasi di Hong Kong kembali pecah. (Foto: AFP)

Hong Kong Kembali Ricuh, Polisi Tembakkan Gas Air Mata

Internasional hong kong Protes Hong Kong
Sonya Michaella • 21 Oktober 2019 11:46
Hong Kong: Pengunjuk rasa di Hong Kong kembali menyerbu pusat pemerintahan. Akibatnya, polisi melepaskan tembakan gas air mata ke pedemo.
 
Setelah dua pekan relatif tenang, aksi unjuk rasa mulai pecah hari ini. Pedemo menyerang sebuah toko kebutuhan sehari-hari di Nathan Road, Kowloon.
 
Dilansir dari Channel News Asia, Senin 21 Oktober 2019, para pedemo sebelumnya sempat melemparkan bom bensin ke kantor polisi di Tsim Sha Tsui. Untuk menghalau pedemo, polisi di dalam kantor langsung menembakkan gas air mata.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Selain itu, sebuah truk meriam air juga ditembakkan oleh polisi ke arah pedemo untuk membubarkan mereka.
 
Puluhan van polisi anti huru-hara juga turun ke Nathan Road untuk menghalau para pedemo. Air ini juga diberi pewarna biru guna menandai para pedemo.
 
"Kami terpaksa menembakkan air berwarna ke arah pedemo karena mereka sudah tidak terkontrol lagi di pusat kota," ucap salah seorang personel polisi.
 
Gelombang protes di Hong Kong berawal dari penolakan terhadap Rancangan Undang-Undang Ekstradisi. Aksi protes tetap berlanjut meski RUU Ekstradisi dicabut, dan kini meluas menjadi gerakan pro-demokrasi dan penentangan terhadap Hong Kong serta Tiongkok.
 
Hong Kong adalah bekas koloni Inggris, yang sudah dikembalikan ke Tiongkok pada 1997 di bawah sistem "Satu Negara, Dua Sistem." Sistem tersebut menjamin otonomi Hong Kong.
 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif