Ketua Dewan Pertimbangan Pengendalian Perubahan Iklim Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Sarwono Kusumaatmadja. Foto: Medcom.id/Marcheilla Ariesta
Ketua Dewan Pertimbangan Pengendalian Perubahan Iklim Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Sarwono Kusumaatmadja. Foto: Medcom.id/Marcheilla Ariesta

Diplomasi Lingkungan Hidup RI Harus Lebih Garang

Internasional diplomasi luar negeri
Marcheilla Ariesta • 14 November 2019 05:43
Jakarta: Diplomasi lingkungan hidup Indonesia dinilai menonjol di mata internasional. Pasalnya, Indonesia menyatukan konsep antara kependudukan, lingkungan hidup, dan perkembangan ekonomi.
 
"Sekarang kita banyak aktif di bidang sertifikasi lingkungan bagi produk-produk yang kita perdagangkan seperti kayu, penanganan kebakaran hutan dapat perhatian juga walaupun tidak sempurna," kata Ketua Dewan Pertimbangan Pengendalian Perubahan Iklim Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Sarwono Kusumaatmadja, di Jakarta, Rabu 13 November 2019.
 
Meski demikian, menurut Sarwono, Indonesia kurang garang di forum internasional. Dia menyarankan agar diplomasi lingkungan hidup Indonesia lebih tegas.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Diplomasi multilateral kita produktif, bagus, tapi harus ditindaklanjuti di masyarakat, pengusaha, perguruan tinggi. Harus ada komunitasnya yang mengurusi itu dalam negeri," terangnya.
 
Salah satu cara menggalakkan diplomasi lingkungan hidup Indonesia adalah dengan menampilkan keunggulan kompetitif, contohnya Coral Triangle Initiative. Dia juga menyampaikan keunggulan Indonesia saat ini terletak di pariwisata dan industri kreatif.
 
"Kalau diurus benar, itu spin off-nya banyak, pantulannya banyak," imbuh Sarwono.
 
Mantan Menteri Lingkungan Hidup ini menegaskan Indonesia harus merasa unggul karena memang demikian. "Keunggulan kita dijaga, dipelihara, dan jangan disia-siakan," pungkasnya.
 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif