Menlu Retno Marsudi. (Foto: AFP)
Menlu Retno Marsudi. (Foto: AFP)

Sindir Tiongkok, RI Tekankan Sahabat Harus Saling Menghormati

Internasional indonesia-tiongkok blok natuna
Marcheilla Ariesta • 07 Januari 2020 05:00
Jakarta: Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menyindir Tiongkok mengenai persoalan di perairan Natuna yang memanas dalam beberapa pekan terakhir. Menlu Retno menekankan bahwa sahabat, dalam hal ini Tiongkok, harus menghormati Indonesia.
 
Ketegangan di Natuna dipicu klaim sepihak Tiongkok yang menyatakan perairan tersebut sebagai wilayah menangkap ikan tradisional Negeri Tirai Bambu.
 
"Bersahabat harus saling menghormati. Saat di mana prinsip yang harusnya dihormati negara lain ternyata dilanggar, maka mau tak mau Indonesia harus bersuara," tutur Retno dalam pidato di Perayaan Natal di Kemenlu RI, Jakarta, Senin 6 Januari 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menlu Retno menuturkan Indonesia harus bersikap tegas atas Natuna, karena sikap bersahabat yang ditunjukkan RI telah dicederai klaim sepihak Tiongkok.
 
"Bukan kita mengajak perang, tapi pesan yang kita kirimkan adalah sebagai sahabat, mari saling hormati aturan yang kita sepakati bersama," imbuhnya.
 
Sebelumnya di Istana Negara, Menlu Retno menegaskan kembali bahwa posisi Indonesia di Natuna sudah jelas. Dia mengatakan wilayah Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) Indonesia di Natuna dilanggar oleh kapal-kapal Tiongkok.
 
Ia juga menegaskan kembali bahwa Tiongkok harus mematuhi apa yang ada di Hukum Laut Internasional (UNCLOS). Terlebih, kata Retno, Beijing adalah anggota UNCLOS.
 
Indonesia tidak akan mengakui sembilan garis putus (nine dash line) Tiongkok di Laut China Selatan. Saat kapal nelayan dan penjaga pantai Tiongkok melakukan pelanggaran di Natuna, Kemenlu RI langsung menyampaikan nota protes kepada Pemerintah Tiongkok.
 
Selain itu, Dubes Tiongkok untuk Indonesia juga telah dipanggil ke Kemenlu RI untuk menjelaskan pelanggaran kapal nelayan dan juga klaim sepihak atas perairan Natuna.
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif