Ilustrasi oleh Medcom.id.
Ilustrasi oleh Medcom.id.

Algojo Era Pinochet di Chile Ditangkap Australia

Internasional australia chile
Arpan Rahman • 22 Februari 2019 06:06
Sydney: Pihak berwajib Australia menangkap seorang wanita karena dugaan keterlibatannya dalam penculikan dan pembunuhan di Chile selama rezim Pinochet dari 1973 hingga 1990.
 
Adriana Rivas menghadapi kemungkinan ekstradisi ke Chile menyusul penangkapannya Selasa. Pihak berwenang membawanya ke kantor polisi di Surrey Hills, pinggiran kota Melbourne. Ia hadir dalam sidang di Pengadilan Lokal Pusat Sydney melalui konferensi video.
 
Penangkapannya "berdasarkan permintaan dari Republik Chile untuk ekstradisinya", menurut seorang juru bicara jaksa agung Australia, Christian Porter.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Orang ini akan menghadapi penuntutan di Republik Chile karena pelanggaran penculikan yang parah," katanya dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir dari laman UPI, Jumat 22 Februari 2019. Sementara hakim menunda kasusnya sampai 1 Maret.
 
Rivas adalah seorang perwira intelijen di Chile selama kediktatoran militer Augusto Pinochet, di mana ribuan seterunya dari Chile telah diculik, disiksa, dan dibunuh. Seorang karyawan rendahan di kamp terkenal Barak Simon Bolivar di Santiago, Chile, mengatakan kepada jaksa penuntut Australia bahwa Rivas terlibat dalam penyiksaan dan pembunuhan.
 
Rivas tiba di Australia pada 1978 dan bekerja sebagai pengasuh dan pembersih rumah. Ia ditahan oleh polisi ketika kembali ke Chile untuk berkunjung pada 2006. Ketika keluar dengan jaminan dia kembali ke Australia. Dia didakwa di Chile atas tujuh tuduhan penculikan yang berlapis.
 
Dalam wawancara 2013, Rivas mengaku tidak bersalah atas tuduhan itu, tetapi membela penyiksaan oleh rezim Pinochet.
 
"Mereka harus menghancurkan orang-orang. Itu juga terjadi di seluruh dunia, tidak hanya di Chile," katanya.
 
Ribuan ekspatriat Chile di Australia, banyak dari mereka yang lolos dari rezim Pinochet, sudah mendorong pemerintah Australia agar memulai proses ekstradisi atas Rivas.
 
"Kami saling memberi selamat atas fakta penangkapan ini, tetapi kami juga merasakan kesedihan bagi keluarga, anak-anak, dan cucu. Bagi semua yang kehilangan orang yang mereka cintai karena mereka dibunuh oleh angkatan bersenjata dan keamanan Chile," Adriana Navarro, pengacara yang mewakili keluarga korban Pinochet, mengatakan.
 
Navarro menambahkan bahwa kerabat di Australia telah memberikan informasi kepada otoritas Chile tentang penyiksaan dan pembunuhan selama lima tahun terakhir.
 
Rivas dapat memberi persetujuannya untuk diekstradisi ke Chile, atau menggunakan berbagai prosedur peninjauan supaya tetap di Australia selama mungkin. Demokrasi dipulihkan ke Chile pada 1990. Pinochet meninggal 2006.
 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi