Menlu Retno Marsudi membuka Indonesia-South Pacific Forum 2019 (ISPF) di Jakarta, 21 Maret 2019. (Foto: Marcheilla Ariesta/Medcom.id).
Menlu Retno Marsudi membuka Indonesia-South Pacific Forum 2019 (ISPF) di Jakarta, 21 Maret 2019. (Foto: Marcheilla Ariesta/Medcom.id).

ISPF 2019, Indonesia Perkuat Kerja Sama Perdagangan di Pasifik

Internasional indonesia-pasifik
Marcheilla Ariesta • 21 Maret 2019 11:50
Jakarta: Indonesia ingin meningkatkan peran dan kehadiran dengan negara-negara Pasifik Selatan. Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menuturkan ingin mempererat kerja sama konkrit di bidang perdagangan dan pembangunan kapasitas.
 
Untuk mengimplementasi peningkatan kerja sama tersebut, maka Indonesia menggelar forum Indonesia-South Pacific Forum 2019 (ISPF) di Jakarta.
 
"Saya membuka ISPF di Jakarta untuk meningkatkan peran dan kehadiran di Pasifik Selatan. Pertemuan ini diikuti 15 negara di teritori Pasifik Selatan, termasuk Indonesia dengan tema 'Our Future, Share Ocean, Share Prosperity'. Laut kita kesejahteraan bersama," ujar Retno dalam pidato pembukaan ISPF 2019 di Gedung Pancasila Kementerian Luar Negeri RI, Jakarta, Kamis 21 Maret 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Retno mengatakan ada dua arti penting penyelenggaraan ISPF tersebut. Pertama, ISPF merupakan wadah dialog untuk memperkuat kerja sama konkrit perdagangan, mengurangi hambatan perdagangan, dan investasi serta kerja sama teknis dan peningkatan kapasitas maupun kerja sama pembangunan antara Indonesia dan negara di teritori Pasifik Selatan.
 
"Yang kedua, untuk meningkatkan saling mengerti sebagai sesama negara kepulauan yang memiliki latar belakang, budaya dan tantangan yang sama, antara lain isu perubahan iklim, isu kemaritiman dan pengembangan wilayah pesisir," imbuhnya.
 
Retno mengatakan rangkaian kegiatan ISPF ini cukup padat. Terdapat pertemuan antara wakil pemerintah dengan fokus pada isu konektivitas dan ekonomi kelautan.
 
Selain itu, ada juga forum bisnis yang diperuntukkan bagi keuntungan para pebisnis Indonesia dan negara-negara Pasifik Selatan.
 
Ini merupakan forum yang pertama kali dilakukan Indonesia dengan negara-negara di Pasifik Selatan. Negara-negara yang tergabung dalam forum ini antara lain Australia, Selandia Baru, Federasi Mikronesia, Fiji, Kaledonia Baru, Kepulauan Marshal, Kiribati, Nauru, Palau, Papua Nugini, dan Tonga serta Tuvalu.
 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif