Mantan Perdana Menteri Malaysia Najib Razak akan segera menjalani persidangan terkait kasus korupsi. (Foto: AFP).
Mantan Perdana Menteri Malaysia Najib Razak akan segera menjalani persidangan terkait kasus korupsi. (Foto: AFP).

Eks PM Malaysia Segera Jalani Persidangan Korupsi

Internasional 1mdb
Marcheilla Ariesta • 03 April 2019 12:28
Kuala Lumpur: Mantan perdana menteri Malaysia, Najib Razak, segera menjalani persidangan kasus korupsi. Najib dituduh menggelapkan uang negara lewat lembaga keuangan negara 1 Malaysia Development Berhad (1MDB).
 
Dia dituding mengantongi USD681 juta atau sekitar Rp9,6 triliun dari 1MDB. Namun, Najib tetap bersikeras membantah dirinya tak bersalah.
 
Najib mengatakan dana tersebut dimaksudkan untuk meningkatkan ekonomi Malaysia melalui investasi strategis. Namun, alih-alih untuk investasi, uang itu digunakan untuk mendanai gaya hidup mewah, sebuah film Hollywood dan kapal superyacht.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Laman BBC, Rabu 3 April 2019, melaporkan Najib menghadapi beberapa kasus kriminal. Tetapi ini adalah persidangan besar pertama dalam skandal korupsi tersebut.
 
Awalnya, persidangan akan dimulai pada 12 Februari lalu, namun ditunda agar permohonan banding terkait kasus didengar.
 
Eks perdana menteri Negeri Jiran ini menghadapi total 42 tuduhan. Sebagian besar terkait dengan 1MDB.
 
Persidangan pertama dilakukan hari ini. Fokus persidangan pada tuduhan 42 juta ringgit Malaysia yang ditransfer dari SRC Internasional ke rekening pribadi Najib. SRC Internasional merupakan bekas unit dari yayasan negara 1MDB.
 
Kasus ini melibatkan tiga tuduhan pencucian uang, tiga pelanggaran kepercayaan dan satu penyalahgunaan kekuasaan. Namun Najib tetap mengaku tak bersalah atas semua tuduhan tersebut.
 
Kemarin, Najib berusaha menunda persidangan untuknya. Dia mengajukan permohonan peninjauan kembali terhadap putusan Pengadilan Federal.
 
Salah satu pengacara Najib, Harvinderjit Singh, mengatakan bahwa tidak ada jadwal yang ditetapkan untuk sidang aplikasi peninjauan kembali.
 
(WIL)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif