KPU Malaysia Targetkan 80 Persen Partisipasi Warga

Sonya Michaella, Yunia Harsari 09 Mei 2018 12:16 WIB
Pemilu Malaysia 2018
KPU Malaysia Targetkan 80 Persen Partisipasi Warga
Pemilu Malaysia digelar hari ini. (Foto: Strait Times)
Kuala Lumpur: Komisi Pemilihan Umum (KPU) Malaysia mengonfirmasi bahwa hingga pukul 10 pagi waktu setempat, tingkat keikutsertaan warga untuk pemilihan umum mencapai 24 persen dari total 14,9 juta pemilih.

"Diperkirakan pada pukul 13.00 (waktu Malaysia) sudah bisa dirilis berapa banyak yang memberikan suara. Target partisipasi 80 persen," ujar Ketua KPU Malaysia Tan Sri Moch Hashim bin Abdullah, di Putrajaya, Rabu 9 Maret 2018. 

Berdasarkan ketentuan pemilu Malaysia, para pemilih harus mencoblos sesuai dengan lokasi yang tertera pada ID. 


"Demi kelancaran, pihak KPU sudah mengimbau untuk mengatur jam warga ke TPS lalu kemudian busana yang digunakan tidak boleh ada atribut parpol," katanya.

Seluruh TPS di Malaysia akan dibuka hingga pukul 17.00 waktu setempat. Setelah dihitung di masing-masing TPS, hasil akan dibawa ke KPU di Putrajaya.

"Dari situ sudah mulai tahu. KPU menargetkan selesai rekapitulasi pada pukul 9 malam. Nanti akan disambung dengan pengambilan sumpah Perdana Menteri oleh Sultan tapi belum terkonfirmasi kapan diselenggarakan," tukas Abdullah.

Sementara itu, Najib Razak sudah memberikan hak suaranya di Pahang, sekitar pukul 9 pagi. Sedangkan Mahathir Mohamad memberikan hak suaranya di Kedah, sekitar pukul 10.30 pagi.

Sebanyak 222 kursi parlemen dan 505 kursi majelis negara diperebutkan oleh sekitar 2.333 kandidat. Barisan Nasional akan menghadapi manuver kuat dari Pakatan Harapan dan juga Parti Islam se-Malaysia (PAS).

Sementara itu, 37 kursi dikategorikan sebagai "undian" dan 112 kursi parlemen untuk mengambil kekuasaan federal.



(WIL)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id