Rachel Arinii dari Forum Asia, dalam acara Assesing the 10 Years of AICHR di Jakarta, Kamis 9 Mei 2019. (Foto: Sonya Michaella/Medcom.id).
Rachel Arinii dari Forum Asia, dalam acara Assesing the 10 Years of AICHR di Jakarta, Kamis 9 Mei 2019. (Foto: Sonya Michaella/Medcom.id).

10 Tahun Berdiri, AICHR Tak Penuhi Ekspektasi

Internasional asean
Sonya Michaella • 09 Mei 2019 10:44
Jakarta: ASEAN Intergovernmental Commision on Human Rights atau AICHR kini memasuki usia ke 10 tahun. Namun, organisasi ini dirasa belum bekerja secara maksimal, khususnya untuk membela hak-hak asasi manusia di kawasan Asia Tenggara.
 
"AICHR belum bisa memenuhi ekspektasi sejumlah pihak terkait dengan pembelaan terhadap hak asasi manusia, misalnya saja kasus Rohingya," kata Rachel Arinii dari Forum Asia, dalam acara Assesing the 10 Years of AICHR di Jakarta, Kamis 9 Mei 2019.
 
Rachel menambahkan, AICHR harus mengubah strategi dan situasi serta kondisi untuk menguatkan keberadaan di kawasan Asia Tenggara. Jika tidak, AICHR dapat dianggap hanya sebagai formalitas belaka.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"AICHR bisa mulai untuk memanfaatkan sejumlah expert working group yang ada di dalamnya untuk mendiskusikan sejumlah solusi untuk permasalahan yang ada di kawasan ini," tutur Rachel lagi.
 
Tak hanya itu, Rachel juga menyarankan agar AICHR membentuk pelapor khusus seperti Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) di mana mereka memiliki sejumlah pelapor khusus yang nantinya akan memaparkan hasil temuannya di sidang PBB.
 
"Mungkin AICHR bisa mencontoh PBB yang mempunyai pelapor khusus. Hal ini bisa menguatkan AICHR jika memang dirasa dapat meningkatkan fungsi dari AICHR itu sendiri," ucap Rachel.
 
Sementara itu, dari 2010 hingga 2018, AICHR telah menghabiskan dana sebesar lebih dari USD6 juta unuk 121 aktivitas seperti youth debate dan dialog tentang hak asasi manusia.
 
"Tapi sejumlah aktivitas dan kegiatan ini tidak membuahkan hasil maupun keuntungan untuk melindungi hak asasi manusia di Asia Tenggara," ungkapnya.
 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif