Pengungsi Rohingya yang terdampar di Thailand Selatan. (Foto: Thai Visa Nation)
Pengungsi Rohingya yang terdampar di Thailand Selatan. (Foto: Thai Visa Nation)

Perahu Bermuatan 64 Rohingya Terdampar di Thailand Selatan

Internasional rohingya pengungsi rohingya
Sonya Michaella • 12 Juni 2019 10:05
Bangkok: Sebuah perahu nelayan yang membawa setidaknya 64 pengungsi Rohingya ditemukan terdampar di Pulau Rawi, Thailand Selatan.
 
Pengungsi ini terdiri dari 28 pria, 31 wanita dan lima anak-anak. Masalah mesin menjadi penyebab perahu ini terdampar di pulau yang terletak di Taman Nasional Tarutao, Provinsi Satun ini.
 
Kapal itu ditemukan dalam kondisi rusak di pantai berbatu dan pengecekan awal menunjukkan ada pula warga Thailand dan Myanmar di dalamnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Semua pengungsi akan dipindahkan ke daratan. Tetapi kami harus menyelidiki lebih dlu apakah mereka korban perdagangan orang atau memang imigran ilegal," kata seorang pejabat Satun, dikutip dari Channel News Asia, Rabu 12 Juni 2019.
 
Ditambahkan, seluruh penumpang dan awak kapal itu kini dalam tahanan Angkatan Laut Thailand.
 
Puluhan pengungsi Rohingya diketahui kerap menggunakan kapal untuk mencapai Malaysia dan dikhawatirkan dapat menjadi gelombang baru kasus penyelundupan manusia melalui jalur laut.
 
Pengungsi Rohingya merupakan korban akibat bentrokan yang terjadi dua tahun silam di Rakhine State, Myanmar antara penduduk asli dan militer. Setidaknya satu juta Rohingya kabur ke perbatasan Bangladesh untuk melindungi diri.
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif