Dubes Rusdi Dorong Menaker Berlakukan Moratorium Sementara
Dubes RI untuk Malaysia Rusdi Kirana bersama anak-anak TKI di Sarawak, Malaysia. (Foto: Marcheilla Ariesta)
Sarawak: Duta Besar Indonesia untuk Malaysia Rusdi Kirana mengatakan moratorium tenaga kerja Indonesia (TKI) harus segera dilakukan. Ia menyinggung mengenai meningkatnya angka kasus kekerasan terhadap para TKI.

Rusdi meminta Menteri Ketenagakerjaan Hanief Dhaikiri untuk segera bertindak.

"Jangan hanya studi-studi saja, itu moratorium tidak selamanya. Kita moratorium enam bulan pun cukup," katanya saat ditemui di Sarawak, Sabtu 17 Maret 2018.


Menurut dia, dengan adanya moratorium, pemerintah bisa bekerja untuk memperbaiki tata kelola. Pasalnya, selain kasus kekerasan, pemotongan gaji TKI pun menjadi isu utama.

"Kita tak bisa membiarkan orang bekerja dengan tidak nyaman dan mengalami pemotongan gaji," imbuh dia.

Dia mencontohkan, salah satu regulasi yang sedang dipikirkan KBRI Kuala Lumpur adalah direct hiring. Rusdi menuturkan nantinya calon majikan bisa langsung ke perusahaan penyedia tenaga kerja untuk menyewa jasa buruh migran, sehingga tidak perlu lagi mengeluarkan biaya ekstra.

Dengan tak ada biaya ke agen, maka ongkos yang dikeluarkan majikan untuk membayar tenaga kerja jadi lebih hemat, sehingga diharapkan tak ada lagi pemotongan gaji.

"Yang celaka, TKI yang sudah enam bulan dipotong, kerjanya akan malas-malasan, dan bisa membuat majikan marah. Itu satu masalah lain," ungkapnya.

Masalah lainnya adalah TKI tidak dilatih dengan baik. "Kita jangan bicara kuantitas, namun bicara kualitas," tukasnya.

Dia juga menuturkan beberapa waktu lalu sempat bertemu dengan Deputi Perdana Menteri Malaysia dan membahas mengenai moratorium ini. "Beliau setuju untuk moratorium sementara, untuk perbaiki tata kelolanya," tukas dia.

Nota Kesepahaman (MoU) mengenai tenaga kerja antara Indonesia dan Malaysia sudah berakhir pada 2016. Hingga saat ini belum ada pembahasan lebih lanjut mengenai hal tersebut.

Pembahasan mengenai moratorium tersebut muncul setelah kasus Adelina Jemirah, TKI yang tewas disiksa majikannya. Adelina ditemukan tetangganya tidur di samping kandang anjing sang majikan.



(WIL)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id