NEWSTICKER
Warga menaiki perahu di tengah banjir di Assam, India, 12 Juli 2019. (Foto: Biju Boro/AFP via Getty Images)
Warga menaiki perahu di tengah banjir di Assam, India, 12 Juli 2019. (Foto: Biju Boro/AFP via Getty Images)

Banjir di Nepal dan India Tewaskan 53 Orang

Internasional india banjir asia
Willy Haryono • 14 Juli 2019 19:29
Kathmandu: Puluhan orang tewas terkena imbas banjir di Nepal dan India yang sama-sama dilanda hujan deras sejak beberapa hari terakhir.
 
Menurut keterangan polisi kepada Press Trust of India, Minggu 14 Juli 2019, sedikitnya 43 orang tewas terkena banjir di sejumlah wilayah di Nepal. Sementara menurut artikel Himalayan Times, 24 orang di Nepal dilaporkan hilang akibat terkena banjir dan tanah longsor.
 
Lebih dari satu juta orang terkena dampak kenaikan tinggi permukaan sungai di tengah musim hujan di India dan Nepal, Hujan deras diperkirakan akan terus melanda kedua negara tersebut dalam beberapa hari ke depan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Media lokal melaporkan bahwa polisi telah menyelamatkan lebih dari 1.100 orang dari seantero Nepal. Banjir di negara tersebut diestimasi berdampak pada lebih dari 10 ribu keluarga.
 
Dari 43 korban tewas di Nepal, tiga di antaranya berasal dari satu keluarga. Mereka meninggal saat sebagian rumah mereka roboh di tengah hujan deras di Kathmandu.
 
Sementara di India, tepatnya di negara bagian Assam, Sungai Brahmaputra meluap akibat terus menerima limpahan air hujan. Luapan sungai dikabarkan telah menggenangi lebih dari 1.800 desa di Assam.
 
"Sepuluh orang tewas dalam sejumlah insiden tenggelam dalam tiga hari terakhir, dan satu juta lainnya terkena imbas banjir," kata buletin yang dirilis pemerintah daerah Assam.
 
"Situasi banjir saat ini masih sangat kritis," tutur Menteri Sumber Daya Air Assam, Keshab Mahanta.
 
Musim hujan di seantero Asia Selatan biasanya berlangsung dari Juni hingga September mendatang. Dalam setiap tahunnya, sejumlah negara di Asia Selatan sering terkena musibah banjir atau tanah longsor.
 
Lebih dari 1.200 orang tewas di kawasan tersebut akibat banjir dan tanah longsor pada 2018. Di India, negara bagian Kerala tahun lalu mengalami banjir terburuk dalam hampir satu dekade terakhir.
 
Baca:Banjir dan Longsor Tewaskan 33 Orang di Nepal
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif