Pesawat siluman J-20 buatan Tiongkok. (Foto: AFP/KANWA NEWS)
Pesawat siluman J-20 buatan Tiongkok. (Foto: AFP/KANWA NEWS)

Tiongkok Resmi Gunakan Pesawat Siluman Terbaru J-20

Internasional politik tiongkok militer tiongkok
Willy Haryono • 10 Maret 2017 17:07
medcom.id, Beijing: Tiongkok resmi memasukkan pesawat siluman terbaru ke jajaran skuadron angkatan udara, Jumat 10 Maret 2017, yang menandai pencapaian dalam modernisasi militer Negeri Tirai Bambu. 
 
Cepat, tak terdeteksi dan dilengkapi misil jarak jauh, J-20 merepresentasikan lompatan jauh militer Tiongkok dalam ambisinya menjadi kekuatan utama di Asia. 
 
Pesawat siluman generasi kelima ini pertama kali muncul dalam sebuah atraksi udara Zhuai Air Show di Tiongkok selatan pada November tahun lalu. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dalam siaran di saluran televisi CCTV, seperti dikutip AFP, disebutkan bahwa J-20 telah "masuk" dalam deretan angkatan udara Tiongkok.
 
J-20 dibuat perusahaan asal Tiongkok, AVIC, yang juga sedang mengejarkan proyek pesawat canggih lainnya bernama FC-31. Pesawat yang sebelumnya dinamakan J-31 itu dinilai Tiongkok mampu menyaingi F-35 milik Amerika Serikat (AS). 
 
Tiongkok Resmi Gunakan Pesawat Siluman Terbaru J-20
Pesawat J-20 dalam atraksi udara. (Foto: AFP)
 
Siaran CCTV juga memberitakan bahwa Tiongkok telah memasukkan pesawat transportasi Y-20 ke jajaran militer. Pesawat itu mampu mengangkat peralatan berat dalam operasi militer. 
 
Belum lama ini Tiongkok juga telah mengirim kapal induk perdananya dalam pelayaran debut di Pasifik. 
 
Beijing berusaha memodernisasi dan meningkatkan kemampuan militer untuk melindungi perbatasan dan memproyeksikan kekuatan ke beberapa wilayah, termasuk ke Laut China Selatan. 
 
Laut China Selatan adalah perairan sengketa yang sebagian besarnya diklaim Tiongkok. Klaim sepihak itu membuat sejumlah negara tetangga geram.
 
(WIL)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif