Ledakan di Pabrik Kembang Api India Tewaskan 9 Pekerja
Warga berada di lokasi ledakan pabrik kembang api di distrik Warangal, negara bagian Telangana, India, 4 Juli 2018. (Foto: AFP/STR)
Telangana: Ledakan keras terjadi di sebuah pabrik kembang api di India selatan, Rabu 4 Juli 2018, yang menewaskan sedikitnya sembilan pekerja.

Pabrik di distrik Warangal, negara bagian Telangana, itu meledak dan terbakar hebat saat para pekerja baru saja masuk ke tempat kerja mereka sekitar pukul 11.00 siang waktu setempat.

"Kami menghitung ada sembilan jasad. Empat orang lainnya terluka dan sedang dirawat," ujar juru bicara Kepolisian Telangana, Mohana Krishna, kepada kantor berita AFP.


Sejumlah foto di media sosiak memperlihatkan asap hitam dari pabrik. Salah satu gerbang menuju pabrik rusak terkena imbas ledakan.

Petugas pemadam berusaha menjinakkan api dan menyelamatkan sejumlah pekerja yang terperangkap di gedung. Namun beberapa korban terbakar hingga tidak dapat dikenali.

Media lokal melaporkan ledakan di pabrik tersebut diduga kuat dipicu aliran pendek arus listrik.

Kecelakaan di tempat kerja merupakan hal umum di India, yang sebagian besar diakibatkan buruknya standar keselamatan serta lemahnya penegakan aturan.

Januari lalu, 17 pekerja tewas dalam sebuah kebakaran di pabrik plastik di New Delhi. Beberapa bulan sebelumnya, 13 orang tewas dalam tragedi serupa di kota Ludhiana.



(WIL)