Jokowi Buka Pertemuan Ulama Indonesia, Afghanistan dan Pakistan
Presiden Joko Widodo membuka Konferensi Trilateral Ulama di Istana Bogor. (Foto: Medcom.id/ Sonya Michaella).
Bogor: Presiden RI Joko Widodo resmi membuka pertemuan ulama trilateral antara Indonesia, Afghanistan dan Pakistan untuk stabilitas perdamaian di Afghanistan, di Istana Bogor, hari ini.

Total sekitar 45 ulama dari Indonesia, Afghanistan dan Pakistan sudah hadir untuk mengikuti serangkaian pertemuan ini. 

Hadir pula Wakil Presiden RI Jusuf Kalla, Menteri Politik Hukum dan HAM RI Wiranto, Ketua MUI Ma’aruf Amin dan terlihat pula Quraish Shihab.


“Pertemuan trilateral ulama ini dimulai dengan niat yang tulus dan lurus antara saya dengan Presiden Afghanistan Ashraf Ghani,” kata Presiden Jokowi, di Istana Bogor, Jumat 11 Mei 2018.

Jokowi berharap pertemuan ini berjalan lancar dan menghasilkan sebuah hasil yang bisa meredam konflik di Afghanistan.

“Dua kali saya bertemu dengan Presiden Ghani dan saya tawarkan soal trilateral ini kepada Pakistan. Alhamdulillah Pakistan berkenan dan Indonesia memfasilitasi pertemuan ini,” lanjut dia.

Jokowi menegaskan, Indonesia sangat mendorong perdamaian dan stabilitas di Afghanistan. Selain itu, secara bilateral, Indonesia mengembangkan kerja sama ekonomi, kepolisian, anti-narkoba dan pendidikan.

Kesungguhan Indonesia, ujar Jokowi, ditunjukkan dengan hadirnya Wapres Jusuf Kalla di Peace Process Kabul, Februari lalu. Ia juga menegaskan bahwa kehadiran Pakistan sangatlah penting dalam pertemuan perdamaian ini.



(FJR)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360