Indonesia Sedang Kembangkan Konsep Indo Pasifik
Menlu Retno Marsudi (tengah) di ASEAN Secretariat, Jakarta, Rabu 8 Agustus 2018. (Foto: Sonya Michaella)
Jakarta: Indo Pasifik menjadi salah satu perhatian Indonesia di tahun ini. Konsep ini pun kerap dipaparkan delegasi Indonesia di sejumlah acara internasional, termasuk forum pertemuan menteri luar negeri ASEAN pekan lalu di Singapura.

Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi mengaku bahwa Indonesia kini sedang membahas dan mengembangkan konsep dari Indo Pasifik itu sendiri.

"Paling tidak, Indonesia sudah menyampaikan konsepnya. Kita sudah mengedarkan perspektif Indonesia soal Indo Pasifik dan kita sudah melakukan konsultasi dengan negara ASEAN," kata Menlu Retno ketika ditemui di ASEAN Secretariat, Jakarta, Rabu 8 Agustus 2018.


"Nanti konsep ini akan menjadi konsep ASEAN, dan ASEAN akan menjadi sentra, menjadi pusat dari diskusi ini dan kita juga melakukan konsultasi dengan mitra kita," lanjut dia.

Ia membenarkan pula bahwa konsultasi mengenai Indo Pasifik ini sudah dari lama dibicarakan. Bahkan, Indonesia menerjunkan tim khusus untuk melakukan lobi dan juga melakukan diskusi lebih lanjut mengenai Indo Pasifik dengan negara-negara terkait.

Konsep Indo Pasifik yang dipaparkan Indonesia juga mencakup keseluruhan bidang, seperti ekonomi dan keamanan serta kesejahteraan kawasan. Konsep ini pun diterima oleh banyak pihak dan negara. 

Namun, Menlu Retno tidak bisa menargetkan kapan konsep ini bisa diadopsi oleh ASEAN. Pasalnya, berbagai pihak akan memiliki perspektif dan pandangan masing-masing.

“Perspektif ini yang harus kita tampung. Kekuatan ASEAN adalah kita mampu untuk menampung. Banyak sekali masukan dan kita coba jadikan satu,” ungkapnya.

Kendati demikian, Menlu Retno berharap agar tradisi dialog terus dikembangkan dan dipertahankan untuk mencapai kesepakatan dari konsep Indo Pasifik ini.



(WIL)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id