India Tawarkan Pelatihan Sukhoi untuk Pilot RI
Tim akrobat jet tempur Sukhoi Su-27 beraksi di Zhukovsky, Rusia, 25 Agustus 2015. (Foto: AFP / KIRILL KUDRYAVTSEV)
Jakarta: India menawarkan pelatihan pilot pesawat jet tempur Sukhoi untuk Indonesia. Tawaran langsung diberikan Menteri Luar Negeri India Nirmala Sitharaman kepada Menhan RI Ryamizard Ryacudu.

"Tadi juga sempat dibahas mengenai latihan Sukhoi, pilot Sukhoi. India memiliki banyak pilot Sukhoi," kata Ryamizard di kantornya, Jakarta, Selasa, 23 Oktober 2018.

Indonesia telah membeli 11 jet tempur Sukhoi Su-35 dari Rusia senilai USD1,14 miliar atau setara Rp17 triliun. Kontrak pembelian SU-35 dengan spesifikasi persenjataan lengkap ini sudah ditandatangani kedua negara pada Februari lalu.


Namun, pembelian jet tempur tersebut menggunakan sistem barter. Artinya, Rusia harus membeli komoditas dari Indonesia sebesar 50 persen dari harga Sukhoi tersebut.

Duta Besar Rusia untuk Indonesia Lyudmila Vorobieva mengatakan pengiriman pesawat semacam itu membutuhkan cukup banyak waktu dan juga bertahap. Ia memperkirakan pesawat pesanan itu baru akan tiba di Indonesia tahun depan.

"Soal Su-35, kontraknya sudah ditandangani, tapi ini bukan transaksi instan. Perakitan jet tempur itu membutuhkan waktu, uji coba dan juga pengirimannya membutuhkan waktu," katanya di Jakarta beberapa waktu lalu.

Selain itu, kata dia, ada proses lain yang harus dijalankan, yakni pelatihan untuk para pilot. Dubes Vorobieva mengatakan para pilot Indonesia akan mendapatkan pelatihan khusus dari pilot Rusia untuk menerbangkan jet tempur tersebut.



(WIL)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id