Kamp Pengungsi di India Terbakar, Ratusan Rohingya Telantar
Pengungsi Rohingya berada di kamp dekat desa Baruipur, India, 19 Januari 2018. (Foto: AFP/DIBYANGSHU SARKAR)
Delhi: Lebih dari 230 pengungsi Rohingya telantar usai kebakaran besar menghancurkan kamp mereka di Delhi, India. Tidak ada korban jiwa dalam insiden tersebut. 

Menurut laporan Times of India, api muncul di kamp pada Minggu kemarin, sekitar pukul 03.00 pagi waktu setempat. Api dipicu hubungan pendek arus listrik. 

Kebakaran melanda kamp selama lebih kurang tiga jam, sebelum akhirnya berhasil dipadamkan petugas. Si Jago Merah dilaporkan telah menghancurkan 47 rumah di kamp sementara tersebut.


Salah satu pengungsi menceritakan bagaimana cepatnya api melalap bangunan demi bangunan. Orang-orang hanya sempat membangunkan keluarga tanpa bisa menyelamatkan barang berharga. 

"Orang-orang mencoba memadamkan api dengan siraman air dari ember, tapi tenda-tenda terbakar dengan cepat dan hancur," tutur Syed Hussain, yang telah tinggal di kamp sejak 2012, seperti dikutip Asian Correspondent, Senin 16 April 2018.

Para pengungsi menceritakan pengalaman buruknya selama kebakaran. Beberapa dari mereka kehilangan banyak barang, termasuk sedikit uang yang disimpan secara manual karena tidak memiliki rekening bank.

Sejumlah kamp Rohingya di India menjadi sorotan dalam beberapa pekan terakhir usai Mahkamah Agung meminta pemerintah membuat laporan mengenai kondisi kehidupan para pengungsi di Delhi dan haryana. 

Perintah MA India muncul setelah adanya laporan fasilitas dasar seperti air minum dan sanitasi tidak tersedia di beberapa kamp. 

Terdapat sekitar 40 ribu pengungsi Rohingya di India, banyak dari mereka telah tinggal di sana selama lebih dari satu dekade. Banyak dari mereka, yang melarikan diri dari Myanmar, kini tinggal di Jammu, Hyderabad, Haryana, Uttar Pradesh, Delhi dan Rajasthan.



(WIL)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id