India Ingin Berdialog dengan PM Baru Pakistan
PM India Narendra Modi. (Foto: AFP)
New Delhi: Menteri Luar Negeri Pakistan mengatakan Perdana Menteri India Narendra Modi menyerukan dialog dengan Islamabad dalam sebuah surat yang ditujukan kepada pemimpin baru negara tersebut, Imran Khan.

"PM india telah mengirim surat yang berisi ucapan selamat kepada Imran Khan. Dia juga mengirim pesan untuk berdialog secara terbuka," lapor beberapa media lokal, mengutip ucapan Menlu Shah Mehmood Qureshi.

Qureshi mengatakan kepada awak media bahwa Pakistan memandang dialog sebagai "satu-satunya cara" untuk bergerak maju bersama India, rival lama mereka.


"Kita perlu melanjutkan dialog tanpa ada gangguan," ujar Qureshi, seperti dilansir dari Press TV, Senin 20 Agustus 2018.

Sementara itu, Kemenlu India mengonfirmasi bahwa PM Modi telah menulis surat untuk Khan pada Sabtu kemarin. Disebutkan bahwa PM mengekspresikan "komitmen India untuk membangun hubungan baik dengan Pakistan demi keuntungan masyarakat kedua negara."

Baca: Telepon Imran Khan, PM India Bahas Perdamaian Kawasan

Khan telah terlebih dahulu menawarkan dialog kepada India setelah menang dalam pemilihan umum bulan lalu. Ia ingin berdialog untuk menyelesaikan beberapa masalah, terutama soal wilayah sengketa Kashmir.

"Jika India mengambil satu langkah ke depan, maka kami akan mengikuti dengan dua langkah," tutur Khan.

Pemerintah terdahulu Pakistan, yang dipimpin Nawaz Sharif, juga berusaha memperbaiki hubungan dengan India. Upaya Sharif tersebut dianggap merusak hubungannya dengan militer Pakistan yang menentukan sebagian besar kebijakan keamanan nasional.



(WIL)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id