Unjuk rasa para jurnalis dan aktivis Myanmar. (Foto: AFP)
Unjuk rasa para jurnalis dan aktivis Myanmar. (Foto: AFP)

Myanmar Dituntut Bebaskan Dua Jurnalis Reuters

Internasional myanmar
Sonya Michaella • 13 Desember 2018 09:13
Yangon: Lebih dari 100 jurnalis dan aktivis menggelar unjuk rasa di Myanmar, menyerukan pembebasan dua jurnalis Reuters, Wa Lone dan Kyaw Soe Oo yang dipenjara selama tujuh tahun karena dituduh membocorkan rahasia pemerintah.

Para jurnalis dan aktivis ini berkumpul di dekat Yangon City Hall untuk menunjukkan dukungan bagi keduanya yang ditahan di Penjara Insein.

Beberapa aktivis menyalakan lilin dan melepas balon hitam. Sementara para jurnalis menampilkan salinan sampul majalah TIME yang bergambar istri Wa Lone dan Kyaw Soe Oo.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



Wa Lone dan Kyaw Soe Oo terpilih menjadi 'Person of The Year' majalah TIME tahun ini bersama Jamal Khashoggi dan Maria Ressa. Baca: Dua Wartawan Reuters Dijatuhi Hukuman 7 Tahun Penjara oleh Myanmar

Pai Ei Mon, istri Wa Lone yang juga turut serta dalam unjuk rasa tersebut mengatakan, suaminya hanya menjalankan tugas sebagai jurnalis dan tidak bersalah.

"Mereka diadili. Saya berharap dia akan dibebaskan selama banding," kata Pai, dikutip dari Radio Free Asia, Kamis 13 Desember 2018.

Wa Lone dan Kyaw Soe Oo ditangkap sejak Desember 2017 lalu. Sebelum mereka ditangkap, Lone dan Soe sempat menyelidiki pembantaian 10 orang Rohingya di Rakhine State.

Mereka mengaku dijebak oleh polisi. Pasalnya, sebelum ditangkap, mereka diundang ke sebuah restoran di Yangon. 

Hukuman ini dijatuhkan di tengah kritik dunia internasional kepada Myanmar atas permasalahan Rohingya yang tak kunjung rampung serta dugaan pembantaian yang dilakukan militer Myanmar di Rakhine.

Hingga saat ini, akses media independen masih sangat dibatasi di Rakhine, meskipun ada beberapa wartawan asing yang diperbolehkan masuk dengan pengawalan ketat dari pemerintah serta militer Myanmar.



(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi