ilustrasi. (Foto: AFP)
ilustrasi. (Foto: AFP)

Mulai 2019, Korsel Larang Penggunaan Kantong Plastik

Internasional kecelakaan korsel peduli lingkungan kantong plastik berbayar
Sonya Michaella • 31 Desember 2018 13:05
Seoul: Pemerintah Korea Selatan (Korsel) telah mengumumkan segera melarang penggunan kantong plastik sekali pakai. Larangan ini akan berlaku mulai 1 Januari 2019.
 
Sekitar 11 ribu supermarket dan dua ribu outlet diskon di seluruh Korsel kini diminta untuk menyediakan atau menawarkan wadah belanja yang bisa didaur ulang, tas belanja kain atau kantong kertas.
 
Dilansir dari laman Channel News Asia, Senin 31 Desember 2018, pemerintah juga melarang sekitar 18 ribu toko roti di seluruh negeri untuk memakai kantong plastik sekali pakai dengan gratis.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Semua toko dan supermarket yang masih menggunakan kantong plastik sekali pakai bisa dikenai denda hingga 3 juta Won atau setara dengan hampir Rp40 juta.
 
Dengan langkah ini, Kementerian Lingkungan Korsel berencana untuk menggalakkan peduli lingkungan terhadap warga Seoul. Pengurangan tas pakaian plastik juga diberlakukan di toko-toko binatu.
 
Awal bulan ini, Bali juga menggalakkan larangan penggunaan plastik sekali pakai seperti tas belanja, styrofoam dan sedotan. Kebijakan ini bertujuan untuk mencapai target pengurangan 70 persen plastik di Laut Bali pada 2019.
 
September kemarin, Malaysia juga mereka menginginkan tak adanya plastik yang digunakan pada 2030. Negeri Jiran juga akan memberlakukan biaya bagi para warganya yang ingin menggunakan kantong plastik.
 
Sementara di Singapura, sudah tak ada lagi sedotan yang disediakan untuk sejumlah toko minuman dan kedai kopi, termasuk gerai makanan siap saji yang tersebar di seluruh penjuru Negeri Singa.
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi