NEWSTICKER
Petugas hendak menyemprotkan disinfektan di area sebuah rumah sakit di Beijing, Tiongkok. (Foto: AFP / GREG BAKER)
Petugas hendak menyemprotkan disinfektan di area sebuah rumah sakit di Beijing, Tiongkok. (Foto: AFP / GREG BAKER)

Jumlah Pasien Sembuh dari Virus Korona Lampaui 9.000

Internasional Virus Korona tiongkok
Willy Haryono • 16 Februari 2020 18:06
Beijing: Jumlah orang yang sembuh dari infeksi virus korona Covid-19 telah mencapai 9.419 per hari ini, Minggu 16 Februari 2020. Data disampaikan dalam situs media nasional Tiongkok, China Global Television Network (CGTN).
 
Sementara untuk korban tewas, CGTN mencatat ada 1.666 kematian di daratan utama dan juga Hong Kong. Sementara tiga kematian lainnya tercatat di Filipina, Jepang dan Prancis.
 
Untuk total infeksi, Komisi Kesehatan Nasional Tiongkok mencatat angkanya menyentuh 68.584 di Tiongkok dan 510 di luar negeri.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Masih dari laporan otoritas Tiongkok, jumlah kasus terbaru virus korona Covid-19 telah menurun dalam tiga hari terakhir. Hari ini, kasus baru tercatat ada 2.009, setelah beberapa hari lalu sempat melonjak hingga 14 ribu dalam kurun waktu 24 jam.
 
Otoritas Tiongkok mengatakan lonjakan drastis itu terjadi karena adanya perluasan kriteria terhadap siapa-siapa saja yang mungkin telah terinfeksi virus korona Covid-19.
 
Sementara itu, Menteri Luar Negeri Tiongkok Wang Yi meminta agar semua pihak bersikap imparsial dan menyuarakan kebenaran di tengah mewabahnya virus korona Covid-19. Ia memahami benar bahwa rumor dan kabar bohong biasanya bermunculan saat terjadi wabah, tak terkecuali korona.
 
Pernyataan Wang disampaikan kepada Kepala Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Tedros Adhanom Ghebreyesus di sela-sela Konferensi Keamanan Munich di Munich, Jerman, Sabtu 15 Februari.
 
Sebagai kepala WHO, Tedros menegaskan pihaknya selalu menangani wabah apapun, termasuk korona Covid-19, secara profesional dan dengan pendekatan sains. "Kami mengapresiasi hal itu," tutur Wang dalam keterangan di CGTN.
 
"Tidak ada wabah yang tidak bisa dikalahkan. Dengan usaha keras masyarakat Tiongkok, pencegahan dan pengendalian wabah bergerak menuju arah yang positif," sambung dia.
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif