Ilustrasi seekor harimau. Foto: AFP
Ilustrasi seekor harimau. Foto: AFP

Diselamatkan dari Kuil, 86 Harimau Ditemukan Tewas

Internasional harimau hewan buas thailand
Arpan Rahman • 17 September 2019 05:07
Bangkok: Lebih dari 80 harimau yang diselamatkan dari sebuah kuil di Thailand telah tewas karena penyakit virus.
 
Kuil Wat Pa Luang Ta Bua, yang dikenal sebagai Kuil Harimau, di provinsi Kanchanaburi, sebelah barat Bangkok -- menjadi objek wisata tempat para pengunjung berswafoto dengan harimau dan anaknya yang diberi botol.
 
Namun pada 2016, pihak berwenang memindahkan 147 ekor harimau sebagai tanggapan terhadap tekanan global atas perdagangan satwa liar.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Hewan-hewan itu dibawa ke dua tempat perlindungan yang dikelola pemerintah, di mana jelas mereka rentan terhadap virus anjing pengganggu, menurut seorang pejabat senior dari departemen taman nasional satwa liar, dan konservasi tanaman negara itu.
 
"Ketika kami membawa harimau masuk, kami mencatat bahwa mereka tidak memiliki sistem kekebalan tubuh akibat perkawinan sedarah," wakil direktur jenderal departemen itu, Prakit Vongsrivattanakul, mengatakan kepada stasiun penyiaran milik negara MCOT.
 
"Kami memperlakukan mereka ketika gejala muncul," tambahnya, dirilis dari Sky News, Selasa 17 September 2019.
 
Dia tidak memberikan angka untuk jumlah harimau yang telah mati, meskipun stasiun penyiaran layanan publik Thailand PBS melaporkan bahwa jumlahnya adalah 86. Angka ini lebih dari setengah jumlah total.
 
Kuil ini telah dipromosikan sebagai suaka margasatwa selama bertahun-tahun, tetapi akhirnya diselidiki karena dugaan kaitannya dengan perdagangan satwa liar dan penyalahgunaan hewan.
 
Para bhikkhu dituduh membiakkan harimau secara ilegal oleh para aktivis satwa liar, sementara beberapa pengunjung mengatakan bahwa hewan-hewan itu tampak dibius. Kuil itu membantah tuduhan.
 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif