Menlu Retno Marsudi tegaskan Papua Nugini dukung kedaulatan RI. Foto: Medcom.id/Sonya Michaella
Menlu Retno Marsudi tegaskan Papua Nugini dukung kedaulatan RI. Foto: Medcom.id/Sonya Michaella

Papua Nugini Tegaskan Dukung Kedaulatan RI

Internasional indonesia-papua nugini Kerusuhan Manokwari
Sonya Michaella • 11 September 2019 15:44
Jakarta: Ribuan orang di Port Moresby, Papua Nugini, menyerukan referendum untuk Papua Barat agar berpisah dari Indonesia. Aksi ini dipimpin oleh Gubernur Provinsi Oro Garry Jufa, dan Gubernur Port Moresby Powes Parkop.
 
Menanggapi hal ini, Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi buka suara terkait hal ini. Ia menyatakan, Papua Nugini berprinsip mendukung kedaulatan Indonesia.
 
“Posisi pemerintah Papua Nugini tidak berubah. Dalam artian, dia mendukung kedaulatan wilayah Republik Indonesia. Itu sudah disampaikan oleh PM dan Menlunya berkali-kali,” kata Retno ketika ditemui di Kompleks Gedung DPR RI, Jakarta, Rabu 11 September 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dilansir dari Radio New Zealand, aksi tersebut diinisiasi oleh kelompok-kelompok masyarakat sipil setempat. Mereka menggelar demonstrasi atas dasar solidaritas sesama bangsa Melanesia.
 
Perdana Menteri PNG James Marape mengutuk keras aksi tersebut. “PNG terus mendukung kedaulatan Indonesia dan menyebut Papua Barat adalah bagian dari Indonesia,” tegas PM Marape.
 
Kondisi di Papua juga sempat menjadi perhatian dari Komisi Tinggi HAM PBB (KTHAM) yang berkantor di Jenewa. Namun, Wakil Tetap RI untuk PBB di Jenewa Hasan Kleib menegaskan, para diplomat Indonesia telah dikirim untuk menjelaskan situasi sebenarnya yang terjadi di Papua.
 
Diplomat Indonesia di PTRI Jenewa juga telah melakukan serangkaian pertemuan dan komunikasi dengan pejabat kantor KTHAM. Pertemuan dimaksudkan untuk memberikan gambaran yang lebih akurat terkait situasi di Papua mengingat terdapatnya berbagai distorsi pemberitaan yang tidak mencerminkan situasi sebenarnya dan latar belakang kejadian.
 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif